Rabu, 08 Januari 2014

TEMPAT WISATA POPULER DI INDONESIA

1. Gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat


Rinjani memiliki panaroma yang bisa dibilang paling bagus di antara gunung-gunung di Indonesia. Setiap tahunnya (Juni-Agustus) banyak dikunjungi pencinta alam mulai dari penduduk lokal, mahasiswa dan pecinta alam dari mancanegara. Suhu udara rata-rata sekitar 20?C; terendah 12?C. Angin kencang di puncak biasa terjadi di bulan Agustus. Pada Juli, angin masih cukup lemah dan cuaca cukup cerah, sehingga pendakian ke puncak bisa dilakukan kapan saja.


2. Pulau Komodo, Nusa Tenggara Timur


Taman Nasional Komodo (TN. Komodo) merupakan kawasan yang terdiri dari beberapa pulau dengan perairan lautnya. Pulau-pulau tersebut merupakan habitat satwa komodo (Varanus komodoensis) yaitu reptil purba satu-satunya yang tersisa di bumi. Kondisi alamnya unik, terdapat padang savana yang luas dengan pohon lontarnya (Borassus flabellifer).


3. Kepulauan Raja Ampat, Papua Barat


Kepulauan Raja Ampat merupakan kepulauan yang berada di barat pulau Papua di provinsi Papua Barat, tepatnya di bagian kepala burung Papua. Kepulauan ini merupakan tujuan penyelam-penyelam yang tertarik akan keindahan pemandangan bawah lautnya.


4. Kawah Ijen , Jawa Timur


Kawah Ijen merupakan salah satu gunung berapi atraksi wisata di Indonesia. Kawah Ijen merupakan objek wisata terkenal, yang telah dikenal oleh para wisatawan domestik dan asing karena keindahan alam dan bahari.


5. Carstensz Pyramid, Papua


Indonesia patut berbangga dengan keunikan dan kekayaan alam serta tradisi masayarakatnya. Kali ini, Carstenz Pyramid atau yang bisa disebut dengan puncak jaya, juga berada di Papua. Puncak Carstensz ini merupakan puncak tertinggi di Australia dan Oceania.


6. Gunung Anak Krakatau, Jawa Barat


Krakatau adalah kepulauan vulkanik yang masih aktif dan berada di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatra. Nama ini pernah disematkan pada satu puncak gunung berapi di sana yang, karena letusan pada tanggal 26-27 Agustus 1883, kemudian sirna. Letusannya sangat dahsyat dan tsunami yang diakibatkannya menewaskan sekitar 36.000 jiwa.


7. Gunung Bromo, Jawa Timur


Gunung Bromo merupakan gunung berapi yang masih aktif dan paling terkenal sebagai obyek wisata di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Gunung Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif.


8. Gunung Kelimutu, Nusa Tenggara Timur


Gunung Kelimutu adalah gunung berapi yang terletak di Pulau Flores, Provinsi NTT, Indonesia. Lokasi gunung ini tepatnya di Desa Pemo Kecamatan kelimutu, Kabupaten Ende. Gunung ini memiliki tiga buah danau kawah di puncaknya. Danau ini dikenal dengan nama Danau Tiga Warna karena memiliki tiga warna yang berbeda, yaitu merah, biru, dan putih. Walaupun begitu, warna-warna tersebut selalu berubah-ubah seiring dengan perjalanan waktu.


9. Taman Laut Bunaken, Sulawesi Utara



Taman laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman bervariasi hingga 1.344 meter. Dari 20 titik selam itu, 12 titik selam di antaranya berada di sekitar Pulau Bunaken. Dua belas titik penyelaman inilah yang paling kerap dikunjungi penyelam dan pecinta keindahan pemandangan bawah laut.


10. Danau Toba, Sumatra Utara



Danau Toba adalah sebuah danau vulkanik dengan ukuran panjang 100 kilometer dan lebar 30 kilometer (danau vulkanik terbesar di dunia). Di tengah danau ini terdapat sebuah pulau vulkanik bernama Pulau Samosir. Danau Toba sejak lama menjadi daerah tujuan wisata penting di Sumatera Utara selain Bukit Lawang dan Nias, menarik wisatawan domestik maupun mancanegara.


(http://forum.kompas.com/teras/84219-10-tempat-wisata-paling-populer-di-indonesia.html)

24 komentar:

  1. Alhamdulilahh ya Allah ,inilah Tanah air ku ,,,Indonesia ...betapa indah Dan agungnya ciptaanMu..semoga kami dapat memeliharanya sampai anak cucu kami kelak..I love Indonesia ❤❤

    BalasHapus
  2. IPDA I G A AYU DWI JAYANTHI, SIK
    POLDA BALI

    INDAHNYA PANTAI TANJUNG AAN DAN BATU PAYUNG DI LOMBOK TENGAH NTB SERTA CEKING RICE TERRACE DI TEGALLALANG GIANYAR BALI.

    Sudah pernahkan anda kesana? Namun sy yakin anda sudah pernah mendengar. Sayang saya tdk bisa mem-post gambar2, namun anda bisa search d google utk gambar2 dan keterangan wisatanya. Keindahan pantai pasir putih, laut biru dan karang indah berbentuk menyerupai payung d tengah2 laut yg bs anda temukan di Tanjung Aan Lombok, serta panorama wisata terasering sawah hijau yg sejuk di Desa Ceking, Kec. Tegallalang, Gianyar Bali yang tentu tidak akan membuat anda menyesal untuk berkunjung kesana. SELAMAT BERLIBUR. ENJOY :)

    BalasHapus
  3. Bripka Ni Putu Wahyu Andiniwati / Polda NTB
    Ijin....... gunung rinjani adalah gunung tertinggi di pulau Lombok -Nusa Tenggara Barat, persisinya terletak di Sembalun Lombok Timur.. menuju ke Sembalun -Lombok Timur sekitar 4 jam perjalanan dari Kota Mataram. sepanjang perjalanan di suguhi pemandangan yang membuat mata gak akan terpejam.... di puncak gunung Rinjani terdapat danau yang sungguh indah yang bernama danau segara anak. Silahkan mendaki gunung Rinjani dan menikmati indahnya Puncak Gunung Rinjani dan sejuknya air di Danau Segara Anak. Tapi jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan di sekitar tempat tersebut.

    BalasHapus
  4. Briptu citra nurlita polda banten
    Izin menambahkan komenta
    Subhanallah masa besar allah dengan segala karuniany sungguh kaya bangsa indonesia ini dengan segala kekayaannya bisa menjadi kannya lebih dikenal lagi di mata dunia, indonesia sangatlah kaya akan alamny yg bisa di jadikan sbagai tujuan wisata baik itu bagi wisatawan domestik maupun wisatawan asing sehingga bisa menjadi devisa bagi negara kita akan tetapi jangan pernah lupa untuk seiring memajukan SDM kita sehingga rupiah yg di dapat bukan hanya dinikmati oleh orang" tertentu melainkan bisa menjadi lahan pekerjaan bagi orang" dsekililing tet yg di djadikan objek wisata sehingga dapat meningkatkan taraf hidup orang banyak...jadi berdayakan warga pribumi perkayakan msayarakat tanah air makmur dan sejahtera.

    BalasHapus
  5. Nama : BRIPDA AYU PUTU ARTINIASIH
    POLDA BALI

    Selamat malam Jenderal, ijin mengomentari.

    Bangsa kita Bangsa Indonesia memiliki berbagai macam keunikan dan berbagai macam budaya. Salah satunya adalah mengenai tempat-tempat wisata yang terdapat di Indonesia. Setiap wilayah atau provinsi yang ada di Indonesia memiliki berbaga macam tempat wisata. Dari tempat wisata yang dikenal semua orang sampai dengan tempat wisata yang dikenal semua orang. Tempat wisata disini memiliki banyak keunikan dan keindahan yang menjadi daya tariknya masing-masing. Seperti di Bali memiliki berbagai macam tempat wisata dan hampir di masing-masing Kabupaten memiliki tempat wisata yang bisa menjadi tempat wisata yang menarik. Seperti di Kabupaten Tabanan terdapat tempat wisata yang bernama Tanah Lot. Tanah Lot disini memiliki daya tarik yang luar biasa. Terdapat Pura yang menjulang tinggi di tengah laut dengan kuat dan kokohnya memiliki keindahan yang sangat indah. Selan itu, masih banyak lagi tempat wisata yang terdapat di Provinsi Bali seperti Bedugul, Sanur, Kuta, Nusa Dua dan masih banyak lagi.

    Terima kasih.

    BalasHapus
  6. AKP NAHRIAH - POLDA JATIM

    Tempat wisata di Indonesia tidak hanya bagus akan tetapi memiliki keunikan tersendiri yang ditampilkan oleh masing-masing daerah yang ada di Indonesia. Keasrian alam dan pemandangan yang indah merupakan daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Sehingga, kelestariannya harus selalu dijaga dan dirawat hingga anak cucu kita juga dapat merasakannya.

    BalasHapus
  7. Briptu baiq tisna apriliani-polda NTB

    Kalau membicarakan tempat wisata yg ada di indonesia tidak akan ada habisnya,karena indonesia merupakan pulau yang sangat indah.kebetulan sekitar 1 jam perjalan dari tempat tinggal kami mungkin sebagian dari rekan-baru mendengarnya yaitu pantai PINK lombok timur tepatnya di daerah jerowaru.disana terdapat pantai yang begitu indah dengab pasir berwarna PINK.byk wisatawan penasaran dengan mendengar hal trsbt namun setelag sampai di pantai itu,wisatawan sllu bertaya knpa pasirx berwarna PINK??sampai saat ini tidak ada yg mampy menjawab.itulah kekuasaan allah swt tuhan yg maha kuasa.

    BalasHapus
  8. IPTU DEWI KOMALASARI
    POLDA NTB
    Keindahan alam yang diciptakan Yang Maha Kuasa hanya bisa dilihat sebagai seni lukis, fotografi, tempat rekreasi dll, ketika hal itu tidak lagi berbunyi "indah" maka tidak mungkin akan dieksplore oleh semua orang.
    Ketika orang memandang akan berbunyi sungguh indahnya, sungguh menawan, sungguh dan sungguh....
    Tapi ketika ada campur tangan orang maka akan berbunyi lain, sama halnya dengan alam, akan hancur di tangan orang orang yang tidak bertanggung jawab seperti yang digariskan Allah Swt.... alam dan isinya akan hancur oleh ulah manusia itu sendiri...
    Maka bagaimana seharusnya prilaku individu itu sendiri sehingga membentuk prilaku kelompok yang baik, sama halnya dengan merusak satu gunung, tidak akan mungkin mampu jika satu orang yang merusak dengan cepat kecuali ada orang lain yang banyak sehingga disebut kelompok perusak, begitu sebaliknya tidak mungkin hanya satu orang yang mampu menjaga dan merawat satu gunung kecuali ada orang lain yang banyak yang disebut kelompok penjaga atau perawat.
    Kita tinggal pilih dari ketulusan hati individu memilih menjadi bagian yang mana? perusak atau penjaga.....

    BalasHapus
  9. BRIGADIR MARITHA
    POLDA JATIM
    Semua yang diciptakan merupakan anugrah dari Allah SWT yang harus selalu kita syukuri. Hamparan gunung yang berjajar di Indonesia sangatlah Indah dan dapat menarik wisatawan dosmestik atau mancanegara, layaknya gunung bromo yang letaknya hanya 1 jam dari tempat saya tinggal, memiliki keelokan dan pemandangannya sangat eksotik, kelestariannya patut kita jaga bersama dengan baik karena semua itu akan kita wariskan untuk anak cucu kita

    BalasHapus
  10. BRIGADIR HILDA SUSANTI
    POLDA JATIM
    Indonesia dikarunia banyak wisata alam dan tiap - tiap tempat wisata mempunyai keunikan sendiri - sendiri seperti hanya gunung bromo yang mempunyai lautan pasir yang indah maka seharusnya tiap individu harus bisa menjaga karunia Tuhan ini dengan melakukan hal kecil yaitu dengan tidak membuang sampah sembarangan di tempat wisata agar kekayaan alam yang dimiliki bangsa ini tetap terjaga

    BalasHapus
  11. BRIPDA ANNAZZILA RAHMANIYA
    POLDA JATIM

    indonesia merupakan salah satu negara yang kaya akan budaya dan keindahan alam, salah satunya adalah kawah ijen yang berada di ujung timur pulau jawa yaitu banyuwangi. kawah ijen merupakan salah satu tempat wisata yang ada dibanyuwangi yang mempunyai keindahan alam yang fantastis tidak jauh dengan negara lain. kawah ijen juga merupakan satu-satunya kawah di indonesia yang mempunyai fenomena alam blue fire atau api biru. Blue fire bisa kita lihat saatpagi hari, selain itu juga kita dapat menyaksikan keindahan kawah yang memiliki air berwarna hijau toska, dan juga belerang yang dikumpulkan untuk perusahaan penambangan. sehingga sebagai warga indonesiakita wajib untuk melestarikan wisata-wisataalam yang adadi indonesia dan juga menjaga keindahan alam yang ada agar selalu terjaga dengan indah. dengan demikian akan banyak mengundang para wisatawan dari dalam negeri maupun mancanegara.

    BalasHapus
  12. Bripda Diana Rachmawati, polda metro jaya
    Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau yang terbentang dari Sabang sampai Merauke. Wilayahnya terletak di antara Samudra Hindia dan Samudra Pasifik, dan di antara Benua Asia dan Benua Australia. Wilayah yang luas dan terdiri dari berbagai kepulauan ini membentuk suku-suku yang berbeda di setiap pulau. karena itu para turis baik dalam maupun luar negeri akan banyak tertarik untuk berkunjung ke Indonesia. sangat membanggakan.....

    BalasHapus
  13. AKP ELLY PURWATI
    SPN LIDO PMJ

    Danau Toba.. Sebagai bangsa indonesia kita bangga karena Danau Toba termasuk obyek wisata yang dikenal dunia dan kita sebagai warga negara harus bisa menjaga kelestariannya dan keindahannya...

    BalasHapus
  14. Brigadir Rindu.W Polda Jatim
    Indonesia memang memiliki banyak potensi wisata yang indah dan menarik. Dan dr sekian bny budaya tsb msh bny yg belum tergali. Unk itu diharapkan generasi mendatang lbh kteatif dan peduli unk mengembangkannya shg Indonesia lebih dikenal dunia.

    BalasHapus
  15. IPDA MUNASRI SH POLDA JATIM
    Mhn ijin Jenderal ...menurut saya Wisata gunung bromo perlu dilestarikan.Karena slain penuh dengan keindahan gunung bromo merupakan omzet devisa negara karena sering didatangi wisatawan asing juga.Fasilitas sebagai pendukungpun harus dirawat dengan baik agar terjaga kebersihannya sehingga bias lebih menarik minat wisatawan baik dari dalam neaupun luar negeri










    BalasHapus
  16. Mohon ijin Bapak, Indonesia dgn kekayaan alamnya yg sgt indah,seharusnya membuat kita bangga dan melestarikan kekayaan alam dan keindahan yg ada di dalamnya, dengan mengunjungi tempat wisata yg ada di Indonesia.Krn tempat wisata di Indonesia tidak kalah dgn tempat wisata luar negeri. Mari kita bersama mencintai Indonesia.(Iptu D.Natalia Rogahang-Polda Jatim)

    BalasHapus
  17. BRIPDA IIP ERWINANTI ( POLDA JABAR )
    Mohon ijin Jenderal....
    Indonesia memang kekayaan alamnya indah dan lebih besar dri pada negara lain patutlah kita bangga denga yang kita punya saat ini,bukan malah kita merusaknya jutru mungkin harus kita rawat dan kita jaga .marilah kita sama sama membuat negara kita yang tercinta ini lebih maju lagi dari negara lain.

    BalasHapus
  18. Shelda Selma Napitupulu
    Bripda / 94010674

    Izin memberikn komentar jendral...
    Wisata alam yang ada di Jawa Timur sangat amat beragam, semisal G.Bromo. G.Bromo ini sendiri dapat diakses dari berbagai penjuru misalnya melewati Lumajang, Probolinggo,Pasuruan, maupun Malang.
    Walau kita tahu bahwa G.Bromo sempat meletus tapi itu tidak mematahkan keinginan orang baik domestik maupun luar negeri untuk berkunjung menikmati panoramanya.....
    Ini hanya sebagian kecil dari Wisata alam yang ada di Jawa Timur...
    Tidak akan rugi jika kita setidaknya pernah menginjakkan kaki di G.Bromo....

    Terimakasih Jendral,
    Brigade

    BalasHapus
  19. IPTU Dwi darmi rahayu
    Polda Jatim

    Mohon Ijin mengomentari :

    Sebagai warga indonesia, patut lah bangga memiliki negara yang kaya akan objek wisata. Karena indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki objek wisata terbanyak di dunia, ini disebabkan karena luasnya negri ini dan terdiri dari beragam pulau, suku, budaya, sejarah dan banyak lagi faktor yang mendukung sebagai tujuan wisata domestik maupun manca negara.

    Untuk itu, marilah kita sama sama melestarikan dan menjaga objek wisata di negeri tercinta ini, agar tetap terlindungi dan makin berkembang.

    Terima kasih

    BalasHapus
  20. Assalamualaikum.
    Mohon ijin Pak..
    Memang terbukti bahwa Sumber Daya Alam di Indonesia dalam hal ini potensi wisatanya sangatlah banyak dan beraneka ragam dan benar-benar mampu membuat wisatawan lokal dan mancanegara jatuh cinta.
    Kewajiban semua pihak untuk terus mengembangkan dan memaksimalkan serta tetap menjaga dan melestarikan potensi Alam yang dimliki oleh negara Indonesia. Dengan begitu negara Indonesia akan mempunyai "nilai jual" yang tinggi, dan secara tidak langsung negara Indonesia akan eksis dimata negara-negara lain.
    Terima kasih.

    Akp Ike Yulianty
    Polda Jateng

    BalasHapus
  21. Kompol.m.nanggala,sik polda babel.
    Hampir di setiap daerah di Indonesia Mempunyai tempat wisata,sebagai seorang polisi yang tentunya sering berpindah pindah tugas menjadi kesempatan untuk bisa menikmati keindahan dari masing-masing daerah tempat bertugas,mari kita turut menjaga,melestarikan dan mempromosikan

    BalasHapus
  22. Assalammualaikum...Wr..Wb...
    Mohon Ijin Mengomentari Jenderal

    Ipda Rini Ifo Nila Krisna
    Polda Jatim

    Patutlah kiranya kita bersyukur telah dilahirkan di negeri yang mempunyai kekayaan alan yang melimpah serta panorama yang sangat indah yang jarang dimiliki oleh negara lain.
    Negara kita terkenal akan panorama yang sangat indah salah satunya Gunng Bromo yang terletak di Jawa Timur. Gunung Bromo merupakan salah satu Ikon yang ada di jawa Timur yang sangat dikenal tidak hanya wisatawan domistik akan tetapi juga wisatawan manca negara.....
    Gunung Bromo sangat eksotik disana kita bisa melihat Matahari terbit dari puncak penanjakan, lautan pasir yang luas, padang safana, bukit teletabis dan Kaldera/kawah yang masih aktif. Keelokan serta keeksotisan gunung Bromo membuat daerah ini sering dijadikan lokasi pembuatan Sinema Elektronik dan tak kalah menariknya adalah diadakannya Pagelaran Jazz Gunung yang diikuti oleh musisi Jazz Kenamaan di Tanah air kita hal ini sangat jarang kita temui walaupun di mancanegara. Selain keelokan serta keeksotisan panoramanya G Bromo/Tengger terkenal dengan upacara keagamaan KASADA inilah salah satu daya tarik masyarakat untuk datang ke Bromo selain keindahan alamnya. Diupacara adat KASADA ini kita bisa melihat masyarakat Tengger yang dengan taat dan memegang teguh tradisi keagamaan sebagai perwujudan rasa syukur ke sang maha pencipta yang telah memberikan mereka kenikmatan dengan memberikan hasil bumi mereka untuk disedekahkan ke kawah Gunung Bromo yang telah mereka lakukan secara turun temurun. Upacara adat yang demikian jarang kita jumpai lagi di Era Globalisasi ini. Yang menarik dari Prosesi KASADA ini selain membuang sesaji ke Kawah Gunung Bromo adalah Pemilihan Dukun yang nantinya akan memimpin Prosesi Upacara Kasada. Dari situ bisa kita ambil hikmah bahwasanya kita harus selalu bersyukur atas nikmat yang diberikan oleh Alaah SWT,,,Jadi apabila kita berekreasi selain pikiran fres yang kita dapatkan kita bisa juga mengambil hikmahnya yang nantinya akan bermuara kepada ketaatan kita kepada Allah SWT...ibarat pepetah sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui.
    Karena Gunung Bromo asset Bangsa marilah kita jaga kelestariannya baik itu keindahan Panoramanya maupun adat istiadatnya yang sangat diminati oleh wisatawan terutama wisatawan mancanegara...dengan demikian pundi2 devisa kita akan semakin meningkat....

    BalasHapus
  23. Brigadir Gusti ayu diah indriyathi
    Polda Bali

    mohon ijin jenderal mengomentari selain daerah d atas masih banyak daerah yg memiliki pegunungan dan daerah2 yg lebih exotic seperti daerah bali pegunungan yg begitu indah manakala saat matahari tenggelam maupun terbit seperti gunung batur maupun gunung agung setiap daerah memang memiliki banyak keanekaragaman budaya daerah dan pariwisata yang perlu d lestarikan demi menarik wisatawan asing demi menambah pendapatan negara

    BalasHapus
  24. Mohon izin Jenderal, izin mengomentari...
    Indonesia Kaya akan wisatanya, hendaklah kita melestarikan apa yang sudah diciptakan... Semuanya akan menjadi kekayaan indonesia yang abadi

    Iptu Sari Aprilya
    Polda Bali

    BalasHapus