Rabu, 15 Januari 2014

Tarling, Bangklung, Longser, Dodombaan

1. Tarling


Tarling adalah salah satu jenis musik yang populer di wilayah pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, terutama wilayah Indramayu dan Cirebon. Nama tarling diidentikkan dengan nama instrumen itar (gitar) dan suling (seruling), Asal-usul tarling mulai muncul sekitar tahun 1931 di Desa Kepandean, Kecamatan/Kabupaten Indramayu. Alunan gitar dan suling bambu yang menyajikan musik Dermayonan dan Cerbonan itu pun mulai mewabah sekitar dekade 1930-an. Kala itu, anak-anak muda di berbagai pelosok desa di Indramayu dan Cirebon, menerimanya sebagai suatu gaya hidup. Trend yang disukai dan populer, di jondol atau ranggon* anak muda suka memainkannya, seni musik ini mulai digandrungi. Pada 1935, alunan musik tarling juga dilengkapi dengan kotak sabun yang berfungsi sebagai kendang, dan kendi sebagai gong. Kemudian pada 1936, alunan tarling dilengkapi dengan alat musik lain berupa baskom dan ketipung kecil yang berfungsi sebagai perkusi.

2. Bangklung

 
Seni Bangklung merupakan perpaduan antara Seni Terbang dengan Seni Angklung. Dari Seni Terebang diambil kata ” bang” dan dari Seni Angklung diambil kata “klung”. (R. Rukasa Kartaatmadja). konon menurut masyarakat setempat seni bangklung ini, digunakan sebagau media untuk menyebarkan agama islam di wilayah Garut, khususnya di Kampung Babakan Garut Desa Cisero Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut.

Waditra yang di gunakan terdiri dari Terebang Kempring yang berfungsi sebagai Pengatur Tempo, Terebang Tempas dan fungsinya yaitu sebagai Pengiring Kempring, Terebang Bangsing yaitu sebagai Kempul (Goong Kecil), Terebang Indung sebagai Goong, dan Terebang Anak fungsinya yaitu sebagai Juru Lagu.

3. Longser

Longser adlah salah satu jenis teater rakyat  Tatar Sunda yang hidup di daerah Priangan tepatnya di Bandung Selatan daerah  Ranca Manyar Kecamatan Pameungpeuk.

Tokoh yang dikenal pada jaman nya ialahAteng Japar,  yang dari kecil  menggarap Longser, setelah generasi BangTilil, Bang Tawes.

Longser mengalami puncak kejayaan dalamkurun waktu 1920-1960 yang dikenal ialah Longser Bang Tilil, tumbuhkelompok-kelompok Longser seperti Bang Soang, Bang Timbel, Bang Cineur dari Ciamis.

Menurut  "kirata" Longser bermakna Long (melong) dan Ser ( rasa / gairah seksual ) .
Kelompok terkenal asal daerah Kabupaten Bandung adalah kelompok Ateng Japar dengan Pancawarna menguasai daerah Kabupaten Bandung  seperti daerah Pangalengan , Banjaran , Soreang dll.


4. Dodombaan



 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Salah satu kesenian yang ada di kabupaten garut ialah dodombaan. Kesenian tradisional Dodombaan berasal dari Panembong Kec.Bayongbong Kab.Garut yang terinspirasi dari Domba Garut yang terkenal dengan kegagahan dan kekekarannya. Sekilas kesenian tradisional dodombaan mirip dengan kesenian sisingaan yang ada di Subang cuman yang di duduki dalam kesenian dodombaan domba dan bukan singa. Dalam kesenian dodombaan Atraksi seninya menggunakan tetabuhan seperangkat kendang pencak silat dengan beberapa orang pendukungnya. Satu atau dua orang melakukan ibing pencak silat, juga terdapat delapan orang yang mengusung dua buah patung domba dari kayu yang bisa ditunggangi anak-anak dan dewasa dengan kostum tertentu. Kesenian Dodombaan biasanya dapat di saksikan dalam event-event tertentu seperti ketika hari jadi kabupaten Garut.


 


 

80 komentar:

  1. Mohon ijin jenderal

    Menurut saya kesenian sunda seperti yang di sebutkan tadi merupakan warisan budaya bangsa yang perlu di lestarikan, budaya merupakan identitas suatu bangsa dan melekat erat pada setiap pribadi yang berada di bangsa tersebut. Kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dan sudah sepatutnya kita mengembangkan kesenian atau budaya bangsa dan memperkenalkannya kepada seluruh dunia sebagai identitas bangsa dan mendukung kemajuan bangsa dengan menggunakan kebudayaan sebagai aset dalam meningkatkan perekonomian bangsa.

    BalasHapus
  2. Kesenian merupakan kekayaan negara yang unik dan tidak sama dengan negara lain manapun di dunia ini. Dan bangsa indonesia adalah bangsa yang sangat kaya akan kesenian. Dan kita sebagai warga negara yang baik adalah wajib hukumya melestarikan kesenian budaya yang ada di negara kita tercinta.

    BalasHapus
  3. Ipda Puji Astuti
    Polda Metro Jaya

    Kaya Budaya,Kaya Bahasa,kaya Sumberdaya Alam itulah Indonesiaku unik, ramah,santun itulah Bangsaku 'Indonesia' suatu kembaggaan yg harus kitaa lestarikan
    Mempertahankan Budaya Bangsa adalah harga mati bagi kita sebagai generasi penerus bangsa........Bravo Budaya Indonesiaku

    BalasHapus
  4. Beigadir hertanti nursin
    Polda banten
    Kesenian menurut saya diatas kesenian kesenian tersebut harus di ingat dan di leatarikan karena merupakan kekayaan alam dan kebudayaan yg busa di banggakan oleh bangsa indonesia.atau merupakan salah satu ciri dari setiap suku bangsa satu dengan yg lain nya

    BalasHapus
  5. Ipda Farida ariyanti
    Polda Metro Jaya

    Indonesia adalah negara kesatuan, yang kaya akan budayanya, setip daerah memiliki seni budaya yang berbeda dari sabang sampai merauke. Kekayaan yang patut kita abadikan dan kita lestarikan sebagai icon bangsa. Kita hrs bangga menjadi warga negara Indonesia, betapa tidak, banyak sekali budaya di indonesia seperti tarian, agama, suku, adat istiadat dan ras yang berbeda beda tetapi kita hidup rukun, satu bahasa, satu nusa dan satu bangsa. Semua itu tercermin dalam karakter bangsa yang cinta damai seperti tertuang dalam makna Bhineka Tunggal Ika.
    Sebagai generasi muda, kita harus dapat mempertahankan dan melestarikan kebudayaan yang telah di wariskan oleh leluhur kita, bahkan kota harus bisa berkreasi untuk menambah kekayaan bangsa dan mampu memperkenalkan kebudayaan kita kepada negara lain.
    Indonesia.....aku bangga menjadi segelintir orang yanh bisa menikmat pesonamu.....
    Jayalah terus Indonesiaku....

    BalasHapus
  6. Ipda yuli susanti polda metro jaya
    indonesia merupakan negara kepulauan yg dimana memiliki suku, adat dan istiadat, ras, yg berbeda2 begitu pula kebudayaannya tetapi tetap hidup rukun dan damai, yg tercermin pada makna bhineka tunggal ika utk itu kita hrs melestarikan dan menjaga kesenian bangsa indonesia tersebut, bangga lah menjadi bangsa indonesia .........

    BalasHapus
  7. Brigadir Ruri Utami Polda Kep. Babel

    Budaya di Indonesia banyak sekali dan beraneka ragam, tetapi sedah ada beberapa yang dilupakan atau tidak lagi kelihatan seharusnya budaya kita harus kita kembangkan dan perkenalkan kepada penerus kita supaya tidak punah bukan hanya pemerintah saja yang bekerja untuk memperkenalkannya tetapi sebagai Bangsa Indonesia kita harus ikut serta untuk melestarikannya.

    BalasHapus
  8. Ipda Supriyatimah, Polda Jateng

    Mohon ijin mengomentari...
    Betapa kayanya Indonesia ini banyak kebudayaan yang telah menghasilkan karya yang sangat luarbiasa dan membuat bangga kita sebagai warga negara, bahkan dalam satu daerah saja mampunyai ragam hasil kesenian yang tentunya ini semua harus dijaga dan dilestarikan...

    BalasHapus
  9. Iptu N Nyoman Seniwati, Polda Bali

    Kalau Jawa Barat ada Tari Longser sedangkan di Bali ada sebuah tarian yang memiliki kemiripan dengan tari Longser tsb yaitu Tari Joged Bumbung yang merupakan Tari Pergaulan biasanya dpentaskan pada acara pernikahan, pesta rakyat dan tarian ini harus tetap dilestarikan karena juga bisa djadikan komiditi wisata.

    BalasHapus
  10. AKP Titin Yanuarti, SPd , SPN Lido Polda Metro Jaya

    Alhamdulilah dengan dibukanya blog ini yang pasti menambah wawasan dan pengetahuan betapa luar biasanya negeri tercinta dengan beragam budaya, jujur saja saya orang sunda asli saja tidak banyak tahu dengan ragam budayanya, ya keseniannya, adat istiadatnya, karena hal tersebut sudah langka untuk di tampilkan, coba seandainya ada pesta rakyat yang menampilkan ragam budaya daerah, kasihan dengan generasi sekarang yang tidak tahu dan mengenal budaya bangsa tetapi lebih mengenal budaya barat,
    semoga tidak ada istilah budaya bangsa mati dinegeri sendiri......

    BalasHapus
  11. AKP Siti Khayati , POLDA Jateng
    Banyak jenis kesenian Sunda yang sudah mulai tergeser perannya dalam dunia entertainment denga sejumlah produk kesenian populer saat ini. Perlu kiranya memberikan ruang yang lebih kepada kesenian-kesenian tradisional untuk sesering mungkin tampil ditengah masyarakat, agar tetap eksis keberadaannya dan makin dikenal oleh masyarakat

    BalasHapus
  12. IPDA FITRIA WAHYUNINGSIH SH, Dit Pam Obvit Polda Metro Jaya:
    "Tahu ngak alat musik apa yang tidak memiliki filosofi dan keindahan sama sekali, tahu ngak, atau kasih tahu ngak yaaa ......... "merdu suarane suling" : bukan, "puenak suarane kendang": bukan juga, terusss apa .... yaitu "celoteh para koruptor" karena koruptor adalah sumber petaka dan penghancur peradapan manusia ...."

    BalasHapus
  13. KOMPOL BADRIYAH, SH
    POLDA JATIM

    Indonesia memiliki banyak ragam seni budaya tradisional yang berbeda satu sama lain. Masing-masing seni budaya memiliki keunikan tersendiri yang memberikan makna sebagai tanda jati diri dari negeri asal masing-masing. Nilai-nilai seni budaya itu tercermin dari perilaku luhur di masing-masing kelompok masyarakat yang menjadikan identitas diri yang berbeda antara satu dengan yang lainnya,

    BalasHapus
  14. Brigadir Santi Septiani
    Polres Cimahi - Polda Jabar

    Kesenian Dodombaan pada zaman sekarang memang sudah sangat sulit untuk kita jumpai, karena memang kesenian dodombaan sudah jarang di pentaskan, kesenian dodombaan hanya di pentaskan biasanya pada event event tertentu saja dan itu pun juga sangat jarang sekali. Oleh karena itu, tidak heran memang bahwa warga garut sendiri masih banyak yang belum tahu akan kesenian daerahnya sendiri, termasuk saya yg keturunan garut pun blm pernah melihat kesenian tersebut. Miris memang melihat realita di masyarakat yang sudah banyak melupakan warisan Nenek moyang. Seharusnya, jangan hanya ketika budaya itu diklaim negara lain seperti kasus reog ponorogo, batik dan lainnya, kita semua baru bertindak dan melakukan pelestarian. Alangkah baiknya kita sebagai generasi penerus harus senantiasa menjaga dan melestarikan segala budaya dan kesenian yang telah diwariskan nenek moyang kita. Jangan sampai kita menjadi orang yang termasuk kedalam kelompok orang “kacang lupa kulit”.

    BalasHapus
  15. BRIPKA PIPIH LUSTIKA DEWI
    POLDA JABAR

    Bangsa Indonesia kaya akan budaya salah satunya dodombaan yang ada di kab.Garut tapi sangat di sayangkan kesenian tersebut sudah mulai terlupakan dan terkalahkan dengan budaya asing seiring majunya teknologi.Maka kita sebagai warga negara indonesia wajib menjaga dan melestarikan bahkan mewariskan budaya tersebut kepada anak cucu kita, agar tidak hilang di telan jaman.

    BalasHapus
  16. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  17. Briptu Anggi Noer Dwi Julianti
    Polres Cimahi Polda Jabar

    Masih banyak budaya lainnya yg terdapat di Jawa Barat dan budaya - budaya tsb telah terbukti dapat merekatkan tali silaturahmi serta persaudaraan di lingkungan masyarakat. Dengan demikian perlu kiranya dilakukan pembinaan dan pengembangan terhadap berbagai kesenian / budaya tersebut agar semakin tercipta kerukunan, rasa persaudaraan serta silaturahmi dalam rangka menciptakan harmonisasi di lingkungan masyarakat sehingga kondusifitas kamtibmas senantiasa dapat terjaga dengan baik.

    BalasHapus
  18. BRIPKA DEWI EVA KARTIKA
    POLDA JABAR
    Alhamdulilah dengan adanya blogs ini menambah wawasan pengetahuan tentang budaya daerah, yang bermanfaat bagi anak cucu dimasa depan jangan sampai keturunan kita melupakan budaya sendiri khusunya budaya sunda wiwitan.

    BalasHapus
  19. BRIPDA VIOLITA AJENG SYAFITRI
    POLDA METRO JAYA

    Indonesia mempunyai banyak sekali seni Budaya, kami sebagai bangsa Indonesia berkewajiban untuk mejaga keasrian budaya budaya yang telah kita miliki agar tidak direbut oleh negara lain. I LOVE INDONESIA :)

    BalasHapus
  20. Aipda Mila Rosmawati
    Polda Jabar

    Betapa banyak ragam seni dan budaya di negeri ini yang belum kita ketahui, diperlukan kepedulian dari kita sebagai penerus dan pewaris semua kekayaan itu untuk dapat menjaga serta memelihara agar seni dan budaya warisan leluhur bangsa tidak hilang ditelan waktu.

    BalasHapus
  21. Bagus sekali topiknya,sangat menambah wawasan tentang kebudayaan nusantara indonesia

    BalasHapus
  22. BRIPDA DEWI PREHANTINI WAHYUNINGTYAS - POLDA JATENG
    Indonesia mempunyai beraneka ragam kesenian dan kita wajib menjaganya. seharusnya kita bangga akan keberaneka ragaman tersebut, melestarikan dengan cara mengajarkan kepada generasi penerus sehingga kesenian tersebut bisa tetap terjaga sampai kapan pun dan jangan sampai di klaim oleh negara lain karena budaya tersebut memang milik kita , Indonesia.

    BalasHapus
  23. Ipda Mei Astuti
    polda metro jaya

    berbagai macam budaya indonesia suatu kebanggaan bangsa indonesia yang harus kita lestarikan.
    karya blog bapak sangat menambah pengetahuan dan wawasan saya tentang salah satu budaya indonesia

    BalasHapus
  24. Kompol Ruwiyatun
    Polda Metro Jaya

    Budaya Indonesia merupakan kebudayaan yang dapat diartikan sebagai kesatuan dari kebudayaan seluruh wilayah yang ada di Indonesia. Dari berbagai kebudayaan di Indonesia, terdapat kebudayaan lokal yaitu budaya Jawa Barat yang menarik untuk dipelajari seperti tarling, bangklung, longser, dan dodombaan. Saat ini bangsa Indonesia sedang mengalami pergeseran nilai kecintaan terhadap kebudayaan lokal. Hal tersebut terbukti dimana budaya asing lebih diapresiasi dan lebih sering kita saksikan dibandingkan budaya lokal yang seolah-olah menjadi tamu di negaranya sendiri.

    Mulai dari sekarang, kita harus menumbuhkan kesadaran bahwa Bhineka Tunggal Ika atas kebudayaan merupakan aset dan jati diri bangsa Indonesia yang harus kita pertahankan. Kita harus menjadikannya sebagai sebuah kebanggaan karena Indonesia merupakan perpustakaan kebudayaan terbesar di dunia dan tidak akan pernah lagi bangsa lain melihat kita sebelah mata.

    BalasHapus
  25. Bripda sally carmelia azis/polda metro jaya
    Keanekaragaman budaya adalah keniscayaan yang ada di bumi indonesia. Keanekaragaman budaya di indonesia adalah sesuatu yang tidak dapat dipungkiri keberadaannya. Dengan keanekaragaman kebudayaannya, indonesia dapat dikatakan mempunyai keunggulan dibandingkan dengan negara lainnya. Indonesia mempunyai potret kebudayaan yang lengkap dan bervariasi. Dan tak kalah pentingnya, secara sosial budaya dan politik masyarakat indonesia mempunyai jalinan sejarah dinamika interaksi antar kebudayaan yang dirangkai sejak dulu. Sesungguhnya peran pemerintah dalam konteks menjaga keanekaragaman kebudayaan adalah sangat penting. Dalam konteks ini, pemerintah berfungsi sebagai pengayom dan pelindung bagiwarganya, sekaligus sebagai penjaga tata hubungan interaksi antar kelompok-kelompok kebudayaan yang ada di indonesia.

    BalasHapus
  26. Bripda Mistika
    Polda Metro Jaya

    Sesungguhnya Jawa Barat itu memiliki banyak kesian khas orang sunda, tetapi dimana banyak orang yang tidak mengetahuinya. Salah satunya saya,dimana yang saya khawatirkan untuk generasi muda berikutnya tidak mengenal atau mengetahui kebudayaan dan kesenian dari daerahnya sendiri. Dimana saat ini sudah masuk zona globalisasi atau jaman modern yang lebih banyak budaya dari luar yang sering disebut westrenisasi. Saya sangat setuju dengan adanya blog-blog yang menerangkan tentang budaya nusantara yang telah dijelaskan diatas tersebut untuk tetap mengenalkan budaya nusantara kepada banyak orang. Hal ini sangat bermanfaat untuk tetap mempertahankan kebudayaan kita.

    BalasHapus
  27. BRIPDA NILUH KADEK RIZKI RADITYANI - POLDA JAWA TENGAH

    Salam hormat, ijin berkomentar.

    Indonesi memang memiliki berbagai macam kebudayaan tradisional yang patut kita acungi jempol. salah satunya kebudayaan dari Jawa Barat tersebut dan dari berbagai macam daerah-daerah lain. maka dari itu perlu kita bersama-sama melestarikan kebudayaan Indonesia agar tidak mudah tenggelam dengan hadirrnya budaya yang modern saat ini.. terimakasih

    BalasHapus
  28. IPDA SUMIYATI
    POLDA JAWA TENGAH

    Budaya daerah merupakan potensi yang harus kita dilestarikan sebagai warisan leluhur yang tak nilainya harganya. Kita harus selalu menjaga dan merawatnya jangan sampai diambil sebagai simbol - simbol negara lain. Budaya bisa dijadikan ciri khas suatu daerah dan pemersatu antar suku/ daerah. Dengan beragam alat musik di suatu daerah dapat membantu tugas - tugas Kepolisian khususnya dalam kegiatan Polmas.



    BalasHapus
  29. Akp Detti Ratnasari, sh Polda banten
    Ijin memberikan komentar jenderal sy sangat salut sekali dg tulisan2 jenderal ttg keanekaragaman budaya yg ada d indonesia, bgmn kl jenderal memasukan artikel ttg budaya banten yaitu debus yg mrupakn asli budaya dr suku badui yg hrs di pertahankan kelestariannya. Sukses trs ut bpk...

    BalasHapus
  30. IPDA MUMUL MULIYATI/Polda Metro Jaya. Indonesia memang memiliki beraneka ragam seni dan kebudayaan yg merupakan kekayaan yg luar biasa bagi bangsa Indonesia, namun sayang semua itu tidak di imbangi dg penghargaan dari bangsanya sendiri, sehingga kebudayaan bangsa kita banyak di klaim oleh bangsa lain. Seharusnya kita sebagai bangsa, masyarakat dan pemerintah melestarikan dan membuat hak paten terhadap kebudayaan kita sehingga tidak terjadi pengklaiman atau pengambil alihan seperti yg sdh terjadi.

    BalasHapus
  31. BRIPDA HENI YULIANTARI POLDA BALI

    Indonesia tentunya sangat kaya akan nilai-nilai seni dan budaya, sebaiknya kita anak-anak bangsa mendukung dan selalu mempertahankan dan mencintai nilai-nilai seni dan budaya yang dimiliki bangsa kita. mari lestarikan nilai-nilai seni dan kebudayaan agar tidak punah. karena tanpa kebudayaan suatu bangsa tidak akanlah sempurna. apa yang bisa kita wariskan kepada anak cucu kita nantinya kalau dari sekarang nilai akan suatu kebudayaan tidak bisa kita lestarikan..

    BalasHapus
  32. BRIPDA ISTRIANINGSIH/ POLDA METRO JAYA

    Indonesianmemiliki banyak keanekaragaman kebudayaan yang patut kita pelihara dan jaga agar tidak punah dan tidak direbut budaya asing . Seharusnya kita pertahankan budaya tersebut dengan megadakan pameran atau kebudayaan tersebut.

    BalasHapus
  33. BRIPDA HASNIH KORPBRIMOB.

    Negara indonesia adalah negara yang memiliki banyak keanekaragaman kebudayaan, dan indonesia pun terkenal dengan kebudayaan yang dimilikinya, maka kita sebagai penerus bangsa indonesia perlu berbangga dengan kebudayaan tersebut dengan cara tetap memeliharanya agar tidak punah tertelan oleh budaya yang masuk di indonesia.

    BalasHapus
  34. BRIPDA CICI TRISNAWATI BESAN KORP BRIMOB.

    DI Negara indonesia ini sudah banyak budaya yang masuk, dan lambat laun akan menutupi budaya asli indonesia, untuk mencagah hal itu terjadi maka perlu adanya tindakan yaitu mengaplikasikan dan memperkenalkan budaya itu kepada remaja-remaja indonesia yang merupakan penerus bangsa indonesia.

    BalasHapus
  35. Izin jendral,
    Briptu.NILA CHRISTINAULI Polda JABAR.

    Mhon izin sblmnya utk mengentari,saya sebagai orang sunda yg memang tinggal d bumi parahyangan sangat mengagumi seluruh kebudayaan yang ada di Indonesia,khususnya mungkin kebudayaan SUNDA,sebagai generasi muda khususnya saya sendiri,menyadari mungkin kebudayaan asli ini sudah mulai memudar dengan seiring berjalannya waktu,dan sudah masuknya kebudayaan asing yg ada.semoga dengan adanya blog ini dapat menyadarkan generasi" penerus utk mau membaca dan mengetahui seluruh kebudayaan yg ada d Indonesia.demikian jendral,trma kasih..

    BalasHapus
  36. bripda cici trisnawati besan korpbrimob.

    di indonesia sudah banyak budaya asing yang masuk, lambat laun budaya tersebut bisa saja menutupi budaya asli di indonesia, oleh karena untuk mencegah hal tersebut kita perlu mengaplikasikan kembali budaya indonesia kepada masyarakat terutama kepada remaja-renaja yang akan menjadi penerus bangsa indonesia.

    BalasHapus
  37. POLDA JABAR
    BRIGADIR DEVI APRIYANI R

    Ass wr wb mohon ijin mengomentari mengenai kebudayaan, kebudayaan berasal dari bahasa sansekerta buddhi yaitu budi / akal yang berkaitan dengan budi dan akal manusia. Kebudayaan indonesia beraneka ragam jadi kita sebagai bangsa indonesia yang baik wajib melestarikan budaya sendiri karena banyak negara-negara laen yang ingin mencuri kebudayaan indonesia. Kebudayaan tatar sunda yang saya lebih tau banyak sekali beraneka ragam jadi kita sebagai bangsa indonesia khususnya sebagai orang sunda wajib melestarikannya karena nilai kebudayaan itu sangat mahal. Demikian yang hanya bisa say komentari mengenai kebudayaan. Wss...

    BalasHapus
  38. BRIPDA Luh Made Diah Winadewi Ratsuko
    POLDA BALI NRP:94020385

    Mohon ijin tanggapan,
    Kesenian dan Tari Tradisional khas Jawa Barat,,sangatlah menarik dan menambah pengetahuan saya,,tentang betapa hebatnya negeri ini yang memiliki keunikan Suku,Adat dan Budaya yang sangat beragam,,hendaknya kita sebagai generasi penerus, perlu mengetahui dan melestarikan ke genarasi berikutnya. Agar tetap terjaga dan terciptanya Sumber Daya Manusia yang Berprestasi, Berbudaya dan Mencintai negaranya.
    Terimakasih

    BalasHapus
  39. Ijin berkomentar Jendral sebagai generasi muda kita harus melestarikan budaya bangsa jangan sampai budaya seperti di atas musnah dan tidak ada yang melestarikan, minimal kita mengetahui jenis budaya yang ada di wilayah masing-masing, kita juga bisa memperkenalkan budaya yang ada kepada wisatawan, beraneka ragam budaya tapi tetap satu, Bangsa Indonesia. Brigadir Desti Iryanty Polda Jabar

    BalasHapus
  40. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf ,saya hapus arena ada kata kata yg perlu saya edit sblm di publikasikan

      Hapus
  41. AKP OLLA SARY , POLRESTA DENPASAR BALI

    Salah satu kondisi yang membuat Indonesia berbeda dengan negara negara lain adalah terbentangnya kepulauan dari Sabang sampai Marauke dengan berbagai ragam budaya dari tiap daerah dan suku ... ada tarian , ada adat istiadat , ada tradisi dan aneka ragam baju adat yang sangat cantik dengan aksesorisnya yg khas dan cantik ..
    Sebagai Generasi muda kita patut berbangga dan ikut serta melestarikan setiap budaya Indonesia, suapaya budaya kita tidak punah atapun terkikis dengan banyak budaya luar yang kurang sejalan ..

    BalasHapus
  42. IPTU NR Putri..Polda Jatim
    Indonesia seharusnya harus berbangga hati karna memiliki kebudayaan yang beragam,dari mulai pakaian adat,kesenian,tata krama,dll.yang lebih membuat kita bangga karda kebudayaan di indonesia banyak dilirik oleh bangsa asing,terkadang di jadikan contoh,,sangat kami terkadang bangsa indonesia sendiri tidak sadar..malah terkontaminasi oleh bangsa luar. sebagai generasi muda yg patut kita lakukan adalah mempertahankan kebudayaan negri sendiri.

    BalasHapus
  43. IPTU CITA KARUNIA SARI POLDA NTB
    Sangat disesali generasi saat ini banyak yang membanggakan produksi dari luar negri ,dari mulai tarian,tata krama dalam bergaul,dll. Yang seharusnya generasasi muda itulah yang meneruskan kebudayaan dari para leluhur kita.agar kebudayaan yang ada di indonesia tidak terkikis oleh jaman.

    BalasHapus
  44. AIPTU SUWARTI
    POLDA JATIM
    Mohon ijin berkomentar,
    DODOMBAAN
    Menurut saya kesenian dodombaa merupaksn salah satu warisan budaya daerah yang harus tetap dilestarikan sehingga tidak tergilas oleh budaya asing yang akhir akhir ini marak melanda Indonesia. Kesenian Dodombaan sebaiknya lebih sering ditampilkan, bukan hanya pada event event tertentu saja seperti hari jadi Kabupaten Garut sehingga bisa menatik generasi muda utk mempelajarinya. Untuk itu marilah kita bersams sama melestarikan kesenian Dodombaan ini sehingga kekayaan budaya indonesia tetap lestari hingga ansk cucu kita.

    BalasHapus
  45. Bripda windi oktaviani
    Polda Metro Jaya
    ijin mengomentari jendral
    kebudayaan merupakan suatu karya atau seni yang harus kita ketahui dan perlu di lestarikan karna di zaman yang modern ini kebudayaan di indonesia semakin menurun. Sebagai generasi penerus bangsa setidaknya kita harus memahami kebudayaan yg ada di indonesia. Terimakasih

    BalasHapus
  46. BRIGADIR ROSALINA.S.Sos.MM
    POLDA JABAR

    Budaya adalah suatu warisan dari leluhur atau dari nenek moyang kita yang tidak ternilai harganya. Negara Indonesia disebut negara Maritim karena dikelilingi oleh banyak pulau, budaya Indonesia sangat banyak dan beraneka ragam, budaya itulah yang seharusnya kita jaga dan kita lestarikan agar tidak punah ataupun di Claim/diakui oleh negara lain.
    Saya sebagai generasi muda ingin sekali memberikan pencerahan bahwa budaya itu perlu dilestarikan salah satunya adalah tidak malu belajar menari dari beragam kebudayaan yang ada di Indonesia dan seandainya kita bisa mempraktekan nya kita harus mengajarkanya kepada anak - anak yang masih dini karena mereka adalah salah satu generasi bangsa yang akan memimpin negeri kita tercinta ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya, saya setuju. Krn melestarikan kebudayaan jangan hanya terhenti di diri kita saja, tapi juga harus diturunkan ke anak cucu nanti, agar supaya kebudayaan Indonesia yg beraneka ragam ini tidak dilupakan oleh generasi selanjutnya.
      Nice comment....

      Hapus
  47. BRIPDA TIAS SUSANTI
    POLDA METRO JAYA
    ijin jendral
    Menurut saya kebudayaan itu harus di jaga dan harus di lestarikan karena budaya itu merupakan ciri khas dari apa yang kita miliki jangan sampai budaya itudi miliki oleh negara lain
    terima kasih

    BalasHapus
  48. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  49. BRIGADIR SANTY TRESNAWATI
    POLDA JABAR

    Melestarikan budaya dimana tempat kita di lahirkan merupakan salah satu cara kita untuk menunjukan bahwa kita mencintai tanah air kita yaitu Indonesia.
    Kebudayaan merupakan cermin dari suatu bangsa di mana kebudayaan suatu bangsa dapat dikenal oleh seluruh dunia,tinggal bagaimana kita melestarikan suatu kebudayaan yang kita miliki sekarang,jaman moderenisasi tidak harus menggilas kebudayaan yang sudah ada yang menjadi kebanggaan kita dari dulu.Oleh karena itu untuk melestarikan budaya kita harus juga menghargai budaya kita sendiri.
    Mari kita mulai dari diri sendiri

    BalasHapus
  50. IPDA METTY, POLDA METRO JAYA

    banyak kebudayaan yang perlu kita ketahui, contohnya seperti kebudayaan diatas yang berasal dari jawa barat, jangan hanya dari satu daerah saja tetapi dari seluruh budaya yg ada di negara indonesia. betapa bangga punya negara indonesia, negara yang bnyak budayanya. jadi, kita harus melestarikan budaya yang sudah kita punya jangan sampai kita merusak ataupun melupakan budaya kita sendiri

    BalasHapus
  51. IPDA YUNI UTAMI, SH. POLDA JATENG

    Indonesia adalah negara yang kaya akan kebudayaan warisan bangsa. Karena banyaknya daerah dan suku yang mempunyai adat dan kebiasaan yang menjadi budaya yang berbeda-beda disetiap daerahnya. Sebagai contoh salah satunya adalah kebudayaan2 dari Jawa Barat diatas. Pemerintah dan segenap elemen bangsa saat ini harus mampu mempertahankan dan menanamkan rasa memiliki dan bangga atas kebudayaan yang ada kepada masyarakat terutama kepada kaum muda. Jadi mereka tidak menganggap bahwa kebudayaan itu adalah hal kuno dan ketinggalan jaman. Saya setuju seperti contoh diatas, kebudayaan warisan kebudayaan dipraktekkan dalam acara-acara ulangtahun daerah. Lalu juga harus diajarkan disekolah-sekolah dan kegiatan-kegaiatan umum lainnya sehingga ragam kebudayaan tersebut tidak akan lenyap ditelan modernisasi jaman karena dianggap kuno.

    BalasHapus
  52. Iptu Evial Kalza, SE (Polda Sumsel)
    Sungguuuuh......Aku bangga bertumpah berdarah Indonesia...meskipun tiap daerah memiliki budaya masing-masing...seni yang berbeda...warisan budaya adat leluhur ...bahkan agama yang berbeda...kita tetap BHINEKA TUNGGAL IKA ! Indonesiaku tercinta memang kaya...merah putih AKAN tetap membahana di setiap jiwa dari darah suku bangsa yang berbeda ...Lestarilah budaya BANGSA....Lestarilah negeriku tercinta INDONESIA... I LOVE U INDONESIA...

    BalasHapus
  53. BRIPDA ASTRID PRADHITA POLDA JAWA TENGAH

    Selamat sore, ijin berkomentar

    Indonesia sangatlah kaya akan budaya, anugrah Tuhan yg sangat luar biasa yg harus kita jaga n kita lestarikan..bangga menjadi bagian dari indonesia jayalah slalu negriku..

    terima kasih

    BalasHapus
  54. BRIGADIR SRI RISNAWATI POLDA JABAR

    Dengan bhineka tunggal ika yang dimiliki Indonesia, merupakan salah satu ciri khas yang paling berbeda dari negara-negara lain di dunia,
    sangatlah pantas apabila indonesia banyak yang menginginkannya.
    kita selaku anak bangsa wajib untuk menjaga dan memeliharanya.
    jiwa ragaku indonesia

    BalasHapus
  55. BRIPKA YULI POLDA BANTEN

    Aku bangga bertumpah darah indonesia dengan berbagai macam budaya yang merupakan salah satu ciri khas yang berbeda dengan negara lain jayalah terus Indonesia ku...

    BalasHapus
  56. IPDA ENI RAHAYUNINGSIH ( POLDA JABAR)

    Kesenian Sunda khususnya tarian (longser) seringkali di anggap tariaan yang menonjolkan kemolekan tubuh dan gerakan tariannya mengundang hasrat birahi kaum laki-laki, namun memang tarian Sunda adalah tarian energik dan gemulai sehingga seluruh bagian tubuh bergerak dan berlikak likuk saat tarian di sajikan, jadi apabila terlihat seperti mengoda dan mengundang birahi kaum adam, berarti kaum adam harus belajar dan mengenal tarian sunda lebih dalam,,,,,,

    BalasHapus
  57. BRIPKA KANIA DEWI
    POLDA JABAR

    Bangsa Indonesia sangat kaya akan kebudayaan khususnya Jawa Barat sangat beraneka ragam, kami selaku orang sunda asli wajib melestarikan budaya sunda yang terkenal dengan sifat saling Asah Asih Asuh

    BalasHapus
  58. Kesenian Angklung yg metupakan salah satu jenis alat kesenian Sunda yg wajib dilestarikan.
    Siaranya sangat enak didengar..apalagi jika memainkan sebuah lagu...jgn sampai alat kesenian ini musnah...krn orang asing sj sampai mengoleksi benda ini di rmhnya dlm jmlj banyak...bgmn dg kita? Semoga tetap lestar..amin...

    BalasHapus
  59. Selmt mlm Jenderal..
    Mhn ijin sy Kompol wodyamustikaningrum polda DIY.
    Trm ksj

    BalasHapus
  60. BRIGADIR NING RAHAYU
    POLDA JABAR

    Ijin mengomentari Jendral
    Negara kita adalah Negara yang kaya akan Sumber Daya Alam, Suku dan Budaya, dan mungkin budaya-budaya di Negara kita sudah banyak yang terlupakan, maka dari itu sebagai warga negara yang baik kita perlu melestarikan budaya-budaya kita antara lain budaya "DODOMBAAN", mungkin dengan cara kita menggunakan budaya dodombaan tersebut dalam event atau acara khitanan kita dapat melestarikan budaya kita tersebut.Terimakasih.

    BalasHapus
  61. saya kagum kepada jenderal yang sangat menjaga kelestarian budaya sunda,

    BalasHapus
  62. IPDA SRI MULYANI, SH.
    POLRES MOJOKERTO

    Selamat malam jendral. Kesenian sunda sekarang telah booming karena adanya generasi penerus yang semakin kreatif untuk memperkenalkan kekayaan budaya kita yang sangat kaya ini. Tidak hanya dengan kesenian musik bangklungnya saja melainkan kesenian tari longser yang kini di perkenalkan lewat ajang pencarian bakat Indonesia. Kita sebagai penikmat juga perlu tahu asal usul kesenian dan dari mana asal kebudayaan tersebut agar tidak di klaim oleh negara lain.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  63. BRIPKA EEM TARMEN 5 MEI 2014
    POLDA JABAR
    Ijin mengomentari Jendral
    Negara kita adalah Kaya dengan sumber alam yang subur akan rempah - rempahnya. suku, bahasa dan bhineka tunggal ika, maka sebagai warga indonesia yang baik seharusnya jaga kelestarian bangsa indonesia, supaya tetap makmur, Terimakasih.

    BalasHapus
  64. Ipda Titik Lestari
    Spn Polda Jatim
    Jika melihat kepada keaneka ragaman budaya-budaya yang ada di Negara kita ini, kita patut bersyukur dan berbagga hati serta kita harus bisa menjaga serta meLESTARIkannya karena budaya itu sendiri merupakan sejarah tentang asal usul dan perkembangan masyarakat dimasa lampau dan ini mengandung nilai-nilai kearifan yg dapat digunakan untuk melatih kecerdasan, membentuk sikap, watak dan kepribadian seseorang , dengan kita lebih mengenal tentang budaya suatu daerah / masyarakat maka hal ini akan memudahkan bagi kita untuk lebih mengenal budaya, masyarakat, adat istiadatnya, sehingga kita bisa tahu bagaimana cara menghadapi serdik yang datang dari berbagai suku, agama,sosial.dengan kita mengenal budaya mereka maka hal ini akan memudahkan kita dalam melaksanakan pengasuhan terhadap peserta didik yang akan di didik ditempat kita nantinya, amin YRA.

    BalasHapus
  65. BRIPDA HERAWATI KUSUMANINGSIH, POLDA JATENG

    Indonesia sangat banyak mempunyai peninggalan budaya dari nenek moyang kita terdahulu, hal seperti itulah yang harus dibanggakan oleh penduduk indonesia sendiri, tetapi sekarang-sekarang ini budaya indonesia agak menurun dari sosialisasi penduduk kini telah banyak yang melupakan apa itu budaya indonesia. Semakin majunya arus globalisasi rasa cinta terhadap budaya semakin berkurang. Dan ini sangat berdampak tidak baik bagi masyarakat asli indonesia.
    Masyarakat indonesia sendiri kurang memperhatikan bagian dari budaya indonesia. dan diharapkan untuk masyarakat indonesia lebih memperhatikan bagian dari peninggalan budaya indonesia. Dan sekarang akan diupayakan oleh pemerintah agar mendidik anak-anak muda untuk perduli terhadap hal tersebut dan lebih mengenalkan dari dini sikap akan pentingnya pengetahuan budaya indonesia.
    Terimakasih

    BalasHapus
  66. Ipda eni nurdiati polda banten

    budaya saya sangat bangga dengan budaya bangsa indonesia yang begitu beraneka ragam sebagai kekayaan negara oleh karna itu kita sebagai warga negara yang baik mari kita lestarikan budaya bangsa kita dengan selalu mencintai budaya bangsa kita

    BalasHapus
  67. IPDA RITA KURNIATI
    POLRES SIDOARJO POLDA JATIM

    Wawasan dan pengetahuan yang dapat diperoleh dengan membaca inti/ringkasan dari budaya-budaya yang tertulis dalam judul TARLING, BANGKLUNG, LONGSER, DODOMBAAN pada blogspot tersebut adalah secara langsung maupun tidak langsung telah memberikan pemahaman bahwa “Tarling” adalah salah satu jenis musik yang populer di wilayah pesisir pantai utara (pantura) Jawa Barat, berkembang dari tahun 1930-an. Kesenian “Bangklung” digunakan sebagai media untuk menyebarkan agama islam di wilayah Garut, khususnya di Kampung Babakan Garut Desa Cisero Kecamatan Cisurupan Kabupaten Garut. “Longser” adalah salah satu jenis teater rakyat Tatar Sunda yang hidup di daerah Priangan tepatnya di Bandung Selatan daerah Ranca Manyar Kecamatan Pameungpeuk. Sedangkan seni tradisional “Dodombaan” berasal dari Panembong Kec.Bayongbong Kab.Garut.

    Sangat bermanfaat dalam upaya memahami khasanah budaya bangsa Indonesia yang sangat banyak, bervariasi dan inovatif di zamannya, hal ini menunjukkan bahwa sejak zaman dahulu bangsa Indonesia telah memiliki ciri-ciri khusus yang ditunjukkan dengan berbagai macam budaya yang dimilikinya. Oleh karena itu sudah menjadi tugas dan kewajiban bagi kita semua untuk senantiasa mensyukuri, menjaga dan melestarikan budaya yang tidak dimiliki oleh bangsa-bangsa lain di dunia.

    BalasHapus
  68. Fungsi hiburan timbul secara eksplisit dan pada akhirnya mempersatukan kekerabatan mereka lewat seni itu sendiri. Seiring berkembangnya pemikiran manusia, mereka merasa perlu unutk mengikutsertakan seni kedalam ritual atau bagian dari seremonial.

    BalasHapus
  69. Bripda Putri Krisnayanti Polda Jateng
    Kesenian di Indonesia sangatlah beragam ,salah satunya adalah kesenian Bangklung dimana kesenian itu tidak sekedar hiburan tapi didalamnya terdapat syiar-syiar ajaran Islam ,sehingga masyarakat lebih dapat cepat memahami inti-inti dari ajaran Islam tersebut dengan ringan dan santai ,dengan begitu kesenian Bangklung ini dapat diterima oleh semua kalangan ,generasi mudapun juga bisa menikmati kesenian ini.
    Maka dari itu kesenian Bangklung ini tetap jaga dan lestarikan agar tidak hilang serta diakui oleh negara lain,karena ini adalah warisan budaya bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  70. Assalamualaikum ..
    Selamat siang Jendral ..

    Banyak sekali seni budaya yang ada di tanah jawa ini terutama jawa barat.. Namun jika melihat keberadaan seni budaya sunda di zaman sekarang saya rasakan sangat lah mengalami penurunan setiap tahunnya..

    Sangatlah sedih melihat anak muda zaman sekarang lebih memilih mengembangkan bakat dan minatnya di bidang kesenian modern.. Mereka seakan tak mengenali seni budaya nya sendiri .. "Tak kenal maka tak sayang" ungkapan ini pantas sepertinya untuk di berikan . Bagaimana mereka akan mencintai dan menjaga budayanya apabila tak mengenalinya sama sekali .. Untuk itu pentingnya kita mengenalkan budaya sedini mungkin. Kadang kita terlambat untuk mencintai budaya kita ketika ada bangsa lain yg menjadi "maling" dengan mengklaim atau mengaku-ngaku sebagai budaya nya.

    Terimakasih jendral membuat blog ini sebagai ungkapan rasa peduli terhadap jati diri anak cucu kita nanti sebagai pewaris kebudayaan .. Sukses selalu Jendral . Amin

    Bripda Farhan Maulani N /92090024
    Polda Jawa Barat

    BalasHapus
  71. Brigadir afifah
    Polda jabar.
    Asslmualaikum,,
    seperti kita telah ketahui bersama bahwa indonesia kaya akan warisan budaya. Seni warisan pusaka nenek moyang ini telah mengalami berbagai perkembangan dan kebnayakan sudah terkontaminasi oleh budaya luar. tentang seni tradisional ini sendiri adalah keunikan dari segi persembahannya itu sendiri. sebagai anak2 bangsa tentunya kita harus mampu menjaga keaslian'y agar tidak di klaim kembali oleh negara lain. Trimakasih jendral atas artikel'y smga bermanfaat bagi pembaca supaya lebih mengenal lg tentang apa2 saja yg menjadi warisan budaya
    Wa'alaikmsalam ,,

    BalasHapus
  72. Jika seni adalah untuk memelihara akar budaya kita, masyarakat haruslah membuat sang artis tersebut bebas untuk mengikuti visi yang akan membawa mereka kemanapun juga”

    Sebuah kata bijak mengatakan, “tanpa manusia, budaya tidak ada, namun lebih penting dari itu, tanpa budaya, manusia tidak akan ada” (Clitford Geetz).

    Tidak seharusnya juga kita melupakan dikarenakan perkembangan zaman dan pengaruh dari budaya barat yang memang sangat berbeda jauh dengan akar budaya yang tertanam sejak Indonesia Merdeka.

    BalasHapus
  73. IPDA TRI HARNANI
    SPN LIDO POLDA METRO JAYA

    Kesenian merupakan salah satu kekayaan yg dimiliki bangsa indonesia serta menjadi identitas bangsa. Indonesia memiliki banyak sekali budaya yg berbeda dari sabang sampai merauke. Kita harusnya bangga sebagai warga negara indonesia karena banyak memiliki kesenian yang tidak dimiliki oleh bangsa lain tapi pada nyatanya generasi muda saat ini enggan untuk melestarikan budaya tradisional indonesia karena mereka menganggapnya kuno, aneh, ketinggalan jaman,dsb bahkan mungkin malu untuk melestarikannya. Berbeda dengan anak muda pada jaman dahulu, yang menganggap kesenian seperti tarling merupakan gaya hidup atau trend. Dari tahun ke tahun memang kebudayaan di Indonesia semakin terkikis. Sekarang sangat sulit menemukan anak bangsa yang mengenal budayanya sendiri, bisa dikatakan anak-anak jaman sekarang sudah dihanyutkan dengan globalisasi yang terlalu deras melanda indonesia. Generasi muda jaman sekarang lebih tertarik untuk mengadopsi budaya luar yang menurut mereka "modern". Padahal seharusnya kita lebih menyaring budaya yang masuk, supaya tidak bersinggungan dengan budaya sendiri. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena bisa saja budaya yg dimiliki indonesia lama kelamaan akan punah bahkan bisa saja dicuri oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  74. Musik tradisional semakin lama semakin terpuruk tergeser oleh hiruk pikuk musik modern dr luar negeri, dari generasi muds di negara ini, sedih rasanya melihat kenyataan ini, kalau bukan kita (generadi muda) siapa lagi yg akan memperdulikannya....harapanku smg kaum muda mau sedikit saja meliriknya....seperti musik tarling dang bangklung saya yakin pasti tak kan terlupaka....

    BalasHapus
  75. Andaikan aku seorang seniman ingin rasanya aku menampilkan tarian daerahKu di seluruh penjuru dunia...segingga dunia tau betapa kayanya Indonesia akan tarian daerahnya...tapi...aq adalah seorang polwan yg hanya dapat mengagumi apa yg dimiliki negaraku, yaitu tarian daerah seperti Longser dan Dodombaan dari Jawa Barat.
    Ipda Endang Iriani.S Polda Jatim

    BalasHapus
  76. Ipda dhayita daneswari - polda jateng

    Budaya indonesia sangatlha beragam mulai dari bahasa, kesenian hingga adat istiadatnya. Namun mengapa hingga hari ini, jam ini, menit ini dan detik ini banyak anak-anak muda yang tidak mengenal budaya daerahnya sendiri padahal mereka adalah penerus generasi kita? Begitu menyayat hati melihatnya.Hal ini tentu saja sangat memprihatinkan, mengenal budaya lain namun tidak mengenal bidaya sendiri. Oleh karena itu marilha kita lestarikan budaya daerah kita. Pegang dengan kokoh. Jangan sampai melupakannya bahkan turunkan ke generasi berikutnya. Karena budaya merupakan identitas kita sebagai warga negara indonesia.

    BalasHapus
  77. Maap bukan keluarga bayangkara..saya hanya sebagai pengrajin gamelan...
    Setelah baca komentar...para anggota polisi saya terharu polisi bangga kepada Budayana..maap setiap ultah polisi saya selalu ikut melatih anggota polisi rampak kendang...

    BalasHapus
  78. Maap bukan keluarga bayangkara..saya hanya sebagai pengrajin gamelan...
    Setelah baca komentar...para anggota polisi saya terharu polisi bangga kepada Budayana..maap setiap ultah polisi saya selalu ikut melatih anggota polisi rampak kendang...

    BalasHapus