Sabtu, 11 Januari 2014

KESENIAN KHAS INDONESIA

Indonesia sangatlah kaya akan karya seni dan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain, tapi sayang akhir-akhir ini banyak karya seni dan budaya indonesia yang di klaim oleh negara lain, itu karena warga indonesia sendiri yang tidak mau menghargai karya seni dan budayanya, bahkan mereka cenderung menyukai produk negara lain atau luar negeri, padahal di luar sana banyak negara yang iri dengan kekayaan seni dan budaya indonesia sampai-sampai mereka berani mengklaim kesenian dan kebudayaan negara kita. 

1. Kesenian Wayang

Berasal dari kata wayangan, yaitu sumber ilham dalam menggambar wujud tokoh dan cerita. Wayang merupakan suatu karya bangsa yang telah dikenal sejak1500 SM dan dalam perkembanganya bersentuhan dengan unsur lain dan terus berkembang sehingga menciptakan wujud dan isinya seperti saat ini. Wayang berfungsi sebagai media penerangan, pendidikan, dan komunikasi masa,wayang dalam bentuknya yang asli timbul sebelum kebudayaan hindu masuk masuk di indonesia dan mulai berkembang pada masa hindu jawa.  Pertunjukan kesenian wayangmerupakan sisa- sisa upacara keagamaan orang jawa yaitu sisa-sisa dari kepercayaan animisme dan dinamisme.


2. Batik

 
Batik adalah gambar atau lukisan yang di buwat pada kain dengan bahan lilin dan pewarna, yang menggunakan alat canting atau kuas serta teknik tutup celup. Batik dapat berupa gambar pola ragam hias atau lukisan yang ekspresif. Sejarah batik indonesia berkaitan dengan perkembangan kerajaan majapahit dan kerajaan sesudahnya.
batik merupakan karya seni budaya yang di kagumi dunia,di antara ragam tradisional yang di hasilkan dengan teknologi celup canting. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas,Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah.  


3. Kesenian Reog















Adalah salah satu kesenian budaya yang berasal dari ponorogo jawa timur.Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat, reog terdiri dari topeng kepala harimau yang besar dan burung merak di atasnya, orang yang memainkan reog harus memakai topeng reog yang besar itu serta mengangkatnya.dalam pengalamanya seni reog merupakan cipta kreasi manusia yang terbentuk adanya aliran kepercayaan yang ada secara turun temurun dan terjaga. Seni reog terdiri dari beberapa rangkain 2 sampai 3 tarian pembuka. Berikutnya adalah tarian yang di bawakan oleh 6 - 8 gadis yang menaiki kuda.Reog masa kini biasanya di pentaskan dalam beberapa acara seperti pernikahan khitanan, hari-hari besar nasional dan lain- lain.



84 komentar:

  1. Bripda suintan
    Polda jabar

    Tanggapan
    Kesenian indonesia merupakan harta bangsa indonesia ciri khas dari bangsa indonesia. Seharusnya kita sebagai bangsa indonesia harus menghargai dan mengenal tentang kesenian indonesia. Kalau bukan kita siapa lagi yg mau menjunjung tinggi kehormatan bangsa indonesia. Klaim itu merupakan hal yg sngt buruk kita seperti di injak injak. Marilah kita sebagai bangsa indonesia lebih peduli dan menghargai kesenian indonesia.terima kasih

    BalasHapus
  2. Bripka Ni Putu Wahyu Andiniwati / Polda NTB...
    Tanggapan.......
    Budaya adalah warisan dari nenek moyang kita...kita tidak pernah merasakan bagaimana susahnya mereka untuk menciptakan sesuatu yang saat ini menjadi kebanggaan kita.....sudah sepatutnya kita menjaga dan mempertahankan semua warisan nenek moyang kita agar nantinya selalu menjadi kebanggaan u anak, cucu dan cicit kita....

    BalasHapus
  3. Bripka Endang Nuriasih/Polda Metro Jaya

    Wayang adalah kesenian dan budaya yg sdh mendarah daging di wilayah pulau jawa khususnya. Budaya warisan agama hindu yg kemudian oleh Sunan Kalijaga dijadikan media untuk melakukan syiar agama islam.Cerita ramayana dan mahabarata merupakan cerita dasar dari sebuah wayang. Cerita dalam pewayangan adalah cerita penuh dengan petuah-petuah luhur dan berisi makna-makna sebuah kehidupan manusia.

    BalasHapus
  4. BRIPKA NUNUNG SUNARTI
    POLDA BALI

    Ijn mengomentari:

    Batik adalah salah satu warisan budaya yang di miliki Bangsa Indonesia yang sudah diakui oleh UNESCO. Batik terdiri dari berbagai macam motif dan beragam cara pembuatannya, bahkan setiap event konferensi di Indonesia, para pemimpin Negara tingkat dunia menggunakannya.
    Terima kasih.

    BalasHapus
  5. BRIPTU MERIZA OCTASARI - POLDA BANTEN

    Indonesia merupakan negeri yang kaya akan seni budayanya baik berupa tarian, seni rupa maupun seni lainnya. Namun yang sangat disayangkan adalah bahwa dalam hal menjaga kelestarian dan keaslian budayanya masih kurang hal tersebut terlihat dengan ada beberapa negara yang mengaku bahwa ada beberapa seni budaya Indonesia diklaim oleh negara lain.

    BalasHapus
  6. IPDA DESAK MADE OKA - POLDA BALI

    Wayang adalah salah satu kesenian asli Indonesia yang sangat saya suka, karena dalam cerita pewayangan khususnya di Bali, kesenian wayang umumnya menceritakan epos mahabrata dan ramayana...
    Dalam cerita mahabrata dan ramayana sangat banyak terkandung nilai-nilai luhur dan pelajaran-pelajaran yang bisa kita ambil hikmahnya sebagai penuntun hidup di zaman modern sekarang. sehingga kesenian wayang sangat bermanfaat bagi masyarakat indonesia dan kita harus tetap menjaga dan melestarikan kesenian ini agar anak cucu kita nantinya juga dapat menikmatinya....

    Terima Kasih...

    BalasHapus
  7. Ipda Tri Nawang Sari
    Polda Jawa Timur

    Kesenian daerah di Indonesia. Kemajemukan masyarakat Indonesia mengakibatkan kemajemukan budaya Indonesia. Salah satu kebudayaan tersebut berbentuk kesenian daerah. Ada banyak sekali kesenian daerah yang ada di Indonesia. Kesenian adalah bagian dari budaya dan merupakan sarana yang digunakan untuk mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia. Selain mengekspresikan rasa keindahan dari dalam jiwa manusia, kesenian juga mempunyai fungsi lain. Secara umum, kesenian dapat mempererat ikatan solidaritas suatu masyarakat.
    sebenarnya indonesia sangatlah kaya akan karya seni dan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain, tapi sayang akhir-akhir ini banyak karya seni dan budaya indonesia yang di klaim oleh negara lain, itu karena warga indonesia sendiri yang tidak mau menghargai karya seni dan budayanya, bahkan mereka cenderung menyukai produk negara lain atau luar negeri, padahal di luar sana banyak negara yang iri dengan kekayaan seni dan budaya indonesia sampai-sampai mereka berani mengklaim kesenian dan kebudayaan negara kita.

    BalasHapus
  8. Seni budaya Wayang Kulit, adalah sangat saya suka dan perlu dilestarikan yang mana Wayang sangat menyentuh dengan peradaban masyarakat Jawa.
    Bahkan dengan wayang pun Walisongo ( Sunan Kalijaga ) menyebarkan agama islam di Pulau Jawa.

    IPDA INAYATI
    POLDA JAWA TENGAH

    BalasHapus
  9. AIPTU ERNI RUDIYANTI,SE
    SPN PURWOKERTO POLDA JATENG

    Batik merupakan Hasil karya seni masyarakat Indonesia dimana masing2 daerah mempunyai corak khas yang berbeda-beda yang menunjukkan bermacam2 kebudayaan Indonesia, walaupun begitu masih tetap satu BATIK INDONESIA yang tidak ada duanya di Belahan Dunia. Begitu juga dalam menjalankan tugasnya sebagai seorang Polisi wanita harus memahami Ciri dan budaya sebagai Wanita Indonesia.

    BalasHapus
  10. IPTU SRI PUJI RAHAYUNINGSIH
    POLDA METRO JAYA

    Sebagai petugas pengemban pelayan pelindung dan pelayan masyarakat, Polri pada umumnya dan Polwan pada khususnya sebaiknya bisa mengenal budaya bangsa Indonesia yang begitu beragam, karena lewat budaya karakter tiap-tiap manusia bisa dipelajari. Sehingga sebagai abdi masyarakat polisi wanita lebih bisa memahami dan mengerti setiap melayani masyarakat.

    BalasHapus
  11. Briptu Feby
    Polda Bali

    Mohon ijin berkomentar
    Sungguh luar biasa ciptaan tuhan di dunia ini, menciptakan indonesia dengan segala kekayaan alamnya, adat istiadat dan budayanya yg beraneka ragam di setiap daerahnya, seperti budaya potong jari di papua apabila ada keluarga yg sedang mengalami kedukaan, dll, di Bali selain tari-tarianya yg unik dan pemandanganya indah ada juga tradisi dan budaya yg unik yg sudah turun temurun di diwariskan yakni "Omed-Omedan" yang kita hanya bisa menemukanya di Banjar Kaja, Sesetan Denpasar.  Kata “Omed-omedan” dalam bahasa Indonesia artinya Tarik-Menarik. Tradisi unik telah diwariskan dari generasi ke generasi sejak jaman dulu. Sebagai salah satu warisan budaya Bali, yang kaya dengan nilai seni dan budaya serta sarat akan  nilai-nilai kebersamaan dan sakral maka Omed-omedan tetap dilestarikan oleh Krama  Sekaa Teruna Teruni (STT) atau komunitas remaja di Sesetan, Denpasar, Bali. Omed-omedan rutin diadakan setiap tahun yaitu tepatnya pada Hari Ngembak Geni atau sehari setelah Hari Raya Nyepi. Acara ini biasanya diadakan di sepanjang Jalan Raya Sesetan, sehingga banyak yang datang untuk menyaksikan tradisi unik ini. Selain untuk ajang sosialisasi diantara peserta Omed-omedan, tradisi ini juga digunakan untuk menolak bala.jadi bersyukurlah kita sebagai orang indonesia karena negara orang lain tidak sekaya dan seindah negara kita.

    BalasHapus
  12. BRIPDA QURROTUL AINI
    POLDA JATIM

    Bangsa Indonesia merupakan bangsa yang kaya akan suatu budaya dan kesenian, dimana dikarenakan bangsa kita ini memiliki beranekaragam suku dan adat istiadat.
    Kesenian, biasanya merupakan suatu tradisi atau adat istiadat budaya setempat dalam suatu upacara atau ritual-ritual, yang kemudian di lestarikan sebagai kesenian.Seperti wayang, dimana wayang ini adalah gambaran suatu kerajaan yang didalam nya menceritakan kisah Mahabarata.
    Batik,batik identik dengan suku jawa. Akan tetapi banyak pula daerah-daerah yang memiliki batik, tentu saja dengan corak dan motif yang berbeda. Seperti batik Pekalongan dan Batik Lasem, kedua daerah tersebut juga memiliki motif yang berbeda. Di jaw, batik dahulunya hanya digunakan oleh kalangan-kalangan tertentu seperti di dalam suatu kerajaan dan tentu saja raja dengan abdi dalem kerajaan menggunakan batik yang berbeda pula. Kemudian Reog merupakan salah satu kesenian jawa timur yang berasal dari daerah Ponorogo, dimana masyarakat setempat menyakini permainan atraksi reog tersebut menggunakan hal-hal yang berbau mistik. Dimana kesenian tersebut merupakan suatu legenda tentang Warok, dan kesenian tersebut di mainkan untuk mengenang bahwa pemberontakan warok telah di kalahkan.
    Oleh karena itu kita sebagai penerus dan pewaris kesenian bangsa harus tetap melestarikan nya., karena itu adalah Icon bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  13. AIPDA TRUSTY
    SPN PUWOKERTO POLDA JATENG

    Kesenian Daerah merupakan sumber dari kekayaan budaya bangsa indonesia mengandung nilai-nilai luhur tidak hanya menunjukkan indahnya seni tsb, Akan tetapi juga mengajak kita untuk belajar hal yang baik dalam kehidupan kita.Sejarah perkembangan agama islam di pulau jawa khususnya tidak terlepas dari kesenian wayang kulit dan gamelan dijadikan sarana oleh walisongo (Sunan Kalijaga) dalam menyiarkan agama islam dipulau jawa.
    Beragam corak dan motif batik menggambarkan ciri khas daerah di Indonesia yang terbentang dari sabang sampai Merauke, Keanekaragaman itu bukanlah menjadikan kesenjangan akan tetapi menjadi pemersatu budaya Indonesia.
    Budaya Merupakan suatu asset yang besar bagi suatu bangsa.
    Mari kita lestarikan Budaya Bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  14. Indonesia memiliki budaya yang beranekaragam yang harus kita lestarikan dan kita banggakan.... mulai dari tarian daerah, lagu-lagu daerah, permainan tradisional, makanan tradisional dan keanekaragaman adat istiadat lainnya.
    Dengan keanekaragaman tersebut, harusnya menjadi aset Indonesia yang turun temurun dari leluhur kita yang bisa menjadi daya tarik wisatawan asing sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Jadi, banyak sekali manfaat dari melestarikan kebudayaan Indonesia... budaya mencerminkan pribadi bangsa, marilah kita lestarikan budaya bangsa indonesia sbg simbol kepribadian bangsa kita di mata dunia..

    Iptu ika shanti
    Polda jabar

    BalasHapus
  15. Indonesia memiliki budaya yang beranekaragam yang harus kita lestarikan dan kita banggakan.... mulai dari tarian daerah, lagu-lagu daerah, permainan tradisional, makanan tradisional dan keanekaragaman adat istiadat lainnya.
    Dengan keanekaragaman tersebut, harusnya menjadi aset Indonesia yang turun temurun dari leluhur kita yang bisa menjadi daya tarik wisatawan asing sehingga dapat meningkatkan devisa negara. Jadi, banyak sekali manfaat dari melestarikan kebudayaan Indonesia... budaya mencerminkan pribadi bangsa, marilah kita lestarikan budaya bangsa indonesia sbg simbol kepribadian bangsa kita di mata dunia..

    Iptu ika shanti
    Polda jabar

    BalasHapus
  16. Bangsa Indonesia mempunyai banyak budaya dan Indonesia adalah bangsa yang luar biasa yang sangat terkenal ke seluruh dunia..seperti salah satu budaya yang tersohor seperti tarian, wayang, reog, kemudian salah satunya yang terkenal adalah batik. Batik juga sudah terkenal sampai di mancanegara. Dalam pembuatan batik di setiap goresan nya memiliki makna yg tersirat menjelaskan arti dari daerah nya tersebut..

    Bripda Endah Fitria Budiyono
    POLDA JATIM

    BalasHapus
  17. Briptu Dhiah Ike Polda jatim

    Sebagai seorang warga negara Indonesia sepatutnya qt bangga mempunyai berbagai macam budaya yg tidak dimiliki oleh negara lain, orang asing diluar sana berebut belajar budaya qt sedangkan qt malah meniru budaya orang asing. Siapa lagi yang akan mencintai dan melestarikan budaya tersebut kalau tidak qt sendiri.apabila qt mau mencintai dan melestarikan budaya tsb, dgn tidak disadari rasa nasionalisme qt jg akan mengikutinya..

    BalasHapus
  18. Bagi kita yang hidup dan tinggal di negeri Indonesia, batik tidak asing lagi karena dalam kehidupan sehari - hari batik ada di sekitar kita dan telah diaplikasikan penggunaannya seperti untuk baju resmi maupun santai, motif guci, motif ukiran dan banyak lagi. Makanya saya sangat setuju kalau batik itu INDONESIA BANGET dan sudah diakui dunia. Karenanya jangan sampai kalau warisan budaya kita ini sampai diklaim oleh negara lain. Kita harus cinta dan bangga menggunakan batik Indonesia.
    BRIPKA YURI SUSETYORINI
    POLDA JATIM

    BalasHapus
  19. AKP A.DYAH SRI UTAMI
    POLDA JATENG

    Kesenian khas Indonesia salah satunya batik. Beragam corak dan motif dibuat sedemikian rupa yang mempunyai makna tersendiri. Batik pada mulanya hanya digunakan untuk acara tertentu, seiring perkembangan trend mode, batik saat ini bisa digunakan dalam berbagai acara,atas sentuhan desainer - desainer Indonesia yang ikut berperan memperkenalkan batik Indoneisa kepada dunia,dengan disesuaikan trend mode internasional dengan tidak meninggalkan pakem batik itu sendiri. Patutlah kita bangsa Indonesia berbangga dengan batik Indonesia sebagai warisan bangsa yang bernilai seni tinggi

    BalasHapus
  20. BRIPTU ADINDA FEBRIANA - POLDA jATIM


    keanekaragaman budaya indonesia merupakan aset yang tak ternilai harganya, dan keanekaragaman budaya diindonesia menunjukkan bahwa indonesia kaya dengan budaya dan juga budaya tersebut mengisyaratkan sebagai jati diri dari suatu daerah...
    pada kesenian indonesia diatas saya akan bahas berkaitan dengan kesenian batik tulis, batik tulis diindonesia beraneka ragam dan hampir disetiap daerah memiliki batik yang bercorak berbeda. namun tahukan anda bahwa disetiap makna dari gambar batik atau motif batik tersebut mencerminkan karakter atau jati diri dari suatu daerah tersebut. misalnya batik madura yang motifnya kasar, warnanya mencolok dan identik dengan warna merah hal tersebut menunjukkan bahwa masyarakat madura karakternya kasar dan pemberani,,, dari karya saja kita bisa mengetahui karakter dari setiap daerah.

    BalasHapus
  21. BRIGADIR SRI RAHAYU
    POLDA D.I.YOGYAKARTA

    Kesenian Wayang, Kesenian Membatik dan Kesenian Reog adalah milik bangsa Inonesia yang patut kita lestarikan dan seyogyanya kita harus bangga dengan berbagai ragam budaya yang kita miliki. Janganlah kita meniru budaya asing yang dapat membuat bangsa kita smakin terpuruk. Karna itu kita sebagai penerus bangsa ini wajib menjaga budaya kita agar tetap slalu menjadi milik bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  22. BRIGADIR DEWI SEKAR WULAN
    POLDA D.I.YOGYAKARTA

    Reog, bangganya kita dengan kesenian Reog, sebagai penerus bangsa Indonesia udh seharusnya kita pertahankan dan lestarikan karna itu milik kita....hanya milik kita. Meski bangsa lain sudah pernah berusaha merebut kesenian ini, namun kita tidak boleh lengah dan berdiam diri, kita harus menjaga kesenian Reog agar tetap menjadi budaya kita dan tidak boleh dimiliki bangsa lain.

    BalasHapus
  23. IPDA PUJIATI
    POLDA JATIM

    Mhn ijin Jenderal utk menanggapi. Menurut pendapat Saya :
    Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar didunia,dg byknya pulau tsb Indonesia memiliki beragam budaya yg sangat banyak sekali. Perkembangan budaya Indonesia telah dimulai sejak nenek moyang kita terdahulu. Namun bbrp tahun belakangan ini kebudayaan di Indonesia berada dlm masa mengecewakan dimana byk budaya kita yg lepas dr genggaman kita. Dg byknya tantangan yg selalu merongrong keutuhan budaya itu, tp dg semangat kebhinekaan smp skrg msh eksis dlm terpaan jaman. Kewajiban kita sbg anak bangsa utk ttp mempertahankannya budaya itu menuju bangsa yg abadi, luhur, makmur dan bermartabat. "Jayalah selalu Indonesiaku". Trimakasih

    BalasHapus
  24. BRIGADIR CAHYA FITRIANA POLDA DIY

    Kesenian di Indonesia beragam salah satunya wayang, diantaranya wayang kulit. Kesenian ini sangatlah menarik karena menggambarkan wujud tokoh dan cerita. Kesenian ini haruslah kita jaga kelestariannya karena kesenian ini adalah milik budaya Indonesia dan kita harus bangga akan budaya ini. Sepantasnya kita sebagai generasi muda untuk mempertahankan dan meneruskan kesenian ini agar terus hidup di diri kita.

    BalasHapus
  25. briptu linda kristiawanti / polda banten
    indonesia sangat kaya akan karya seni dan budaya dibandingkan dengan negara lain mulai dari wayang,batik dan kesenian reog.tetap akhir akhir ini kebudayaan dan kesenian indonesia sering dakui oleh negara lain.tetapi kita sebagai bangsa indonesia harus tetap dan terus menjaga kebudayaan indonesia dengan cara melestarikanya,ilmu seni adl mahal,mahal bukan artian materi tetapi budaya dan seni mahal karena itu adalah jati diri yang tidak bisa ditiru,dibuat atau diambil dan diakui oleh negara lain.
    jagalah terus seni dan budaya indonesia dan jangan pernah menganggap seni dan budaya itu adalah kuno,apalagi dengan generasi muda skrg ini yang lebih senang dengan budaya kebarat baratan dibandingkan dengan budaya sendri.

    BalasHapus
  26. BRIPKA FRANSISCA DWI MARWATI
    POLDA DIY

    Kesenian batik merupakan warisan budaya bangsa yang wajib kita lestarikan.Karena batik sudah menjadi ikon Bangsa Indonesia. Batikpun sudah mendunia. Karena itu kita wajib bangga dengan warisan budaya kita dan kita wajib melestarikannya.

    BalasHapus
  27. IPDA ANAK AGUNG PUTRI/POLDA BALI

    Ijin Jenderal ikut bergabung,
    Batik salah satu karya anak bangsa Indonesia yang sudah dikenal baik dalam negeri maupun luar negeri. Batik harus terus dikembangkan kualitas maupun pemasarannya. Seperti halnya batik di daerah Bali juga ada karya anak bangsa yaitu kain songket yang diproduksi di Kabupaten Klungkung Bali, disamping kain endek dan karya seni perhiasan perak.
    Kain songket Bali sudah tingkatkan kualitasnya dengan menggunakan bahan baku dari benang sutra, demikian juga motif dan ragam coraknya, kain songket Bali merupakan produksi kain tenun bukan dari mesin, kain songket Bal pernah dipergunakan sebagai gaun Pesta dalam event Miss World di Bali th. 2013. Namun perlu dipromosikan lagi pemasarannya agar lebih kenal di mancanegara, sebagai hasil karya anak bangsa dan untuk menumbuhkan cinta produk Indonesa.

    BalasHapus
  28. IPDA TRI HANDAYANI. S.H
    Polres Banyumas Polda Jateng

    Sebagian besar generasi muda jaman sekarang lebih merasa bangga bisa menguasai bahasa asing dibandingkan menguasai bahasa daerahnya sendiri dan pelajaran bahasa daerah sendiri tidak di budayakan oleh karena itu di Pemda Banyumas sesuai perintah Bupati Banyumas setiap hari kamis di lingkungan pemda di wajibkan untuk selalu menggunakan bahasa banyumasan atau dikenal dengan bahasa ngapak ngapak yang bertujuan untuk lebih membudayakan dan lebih menjalin keakraban. Terimakasih.

    BalasHapus
  29. Bripda Neno Wulandari Polda NTB

    Aku bangga menjadi warga Indonesia!!
    Indonesia yang kaya akan budaya dan adat istiadatNya. Masyarakat nya yang ramah dan bersahabat menjadikan indonesia menjadi salah satu tempat yang banyak dikunjungi oleh wisatawan. Kesenian indonesia beraneka ragam dari seluruh daerah, sehingga banyak negara yang mengklaim kesenian asal Indonesia. Sebagai generasi muda harusnya kita tetap bangga dan menjaga budaya Indonesia dengan melestarikan kesenian yng ada agar tidak punah dan di ambil oleh negara lain.
    Mengenalkan kesenian Indonesia di mata dunia akan membuat orang semakin tau tentang Indonesia.

    BalasHapus
  30. Brigadir Ari Sulistyowati Polda Jatim
    Batik adalah salah satu dari sekian banyak warisan budaya Indonesia yang harus dilestarikan. Mengambil pengalaman yg telah lampau... yaitu dengan diklaim nya beberapa warisan budaya kita oleh negara lain... sudah seharusnya kita lebih peduli lagi dengan keberadaannya.

    BalasHapus
  31. IPDA WAHYUNING
    SPN POLDA JABAR

    Sebagai titisan orang Indonesia dan insan Bhayangkara kami sangat bangga mempunyai berbagai macam kebudayaan, apalagi setelah membuka blog milik Jenderal, saya baru terbuka ternyata sangat banyak dan unik, akan tetapi saya juga sangat sedih bila melihat para remaja yang malu melesterikan budaya Indonesia tapi malah cenderung mengikuti budaya asing. Blog ini khususnya tentang budaya, bisa dijadikan sebagai ajang penyadaran diri untuk menambah wawasan kebudayaan yang beraneka ragam dan perlu dilestarikan. Saya selalu berdoa semoga banyak tangan-tangan cerdas seperti Jenderal yang mau peduli dan mau menggali potensi. amiiinnnnn......

    BalasHapus
  32. IPDA ISTI SETYASIH
    POLDA JATENG

    Indonesia dikenal kaya akan kebudayaannya yang sangat beragam. Mulai dari baju daerah, lagu daerah, rumah adat,tari daerah dan masih banyak lainnya. Berbicara tentang budaya Indonesia tidak akan ada habisnya. Bila kita boleh mengambil salah satu contohnya adalah REOG PONOROGO. Budaya ini sudah terkenal ke seantero Indonesia bahkan dunia. Sampai reog ini bahakan di klaim oleh negara tetangga Malaysia. Mereka mengenggap bahwa reog adalah budaya asli mereka. Walaupun pada akhirnya bisa diklaim milik indonesia, namun yang penting adalah bagaimana kita menghargai dan melestarikan budaya kita sendiri. Jangan sampai kita baru merasa budaya itu milik kita, setelah ada negara lain yang ingin mengakuinya. Oleh karena itu, mari kita jaga dan lestarikan budaya kita. BUDAYA INDONESIA.

    BalasHapus
  33. IPTU AMALIA NORMADIAH
    POLDA SUMSEL

    Indonesia terkenal akan beraneka ragamnya kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakatnya baik dari suku, budaya, agama, ras dll. Mulai dari baju daerah, bahasa daerah, rumah daerah, tradisi dan masih banyak lainnya. Ini merupakan kekayaan yang harus kita jaga. Kenyataannya ada beberapa kebudayaan kita yg di klaim oleh negara lain (Batik, Reog Ponorogo dan Angklung). Kalau bukan kita siapa lagi yang dapat menjaga kebudayaan asli Indonesia. Keanekaragaman kebudayaan yang dimiliki Indonesia merupakan kekayaan yang dimiliki Indonesia yang menjadi nilai tambah negara kita didunia internasional. Oleh karena itu mari kita lestarikan kebudayaan Indonesia dan mengenalkan kesenian kita dimata dunia sehingga dunia internasional lebih mengenal keberagaman kekayaan kebudayaan yang dimiliki Indonesia.

    BalasHapus
  34. AKP RR. SRI WAHYUNINGSIH
    PLDA NTB

    Indonesia sangatlah kaya akan karya seni dan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain, tapi sayang akhir-akhir ini banyak karya seni dan budaya Indonesia yang diklaim oleh negara lain, itu karena warga Indonesia sendiri yang tidak mau menghargai karya seni dan budayanya, bahkan mereka cenderung menyukai produk negara lain atau luar negeri, padahal di luar sana banyak negara yang iri dengan kekayaan seni dan budaya indonesia sampai-sampai mereka berani mengklaim kesenian dan kebudayaan negara kita.
    Seharusnya kita bangga dan cinta pada kesenian dan kebudayaan yang Indonesia miliki.
    INDONESIA adalah negri yang MENAKJUBKAN
    INDONESIA adalah negri yang HEBAT

    BalasHapus
  35. AIPDA LUSSY ANGGRAENI
    POLDA JATIM

    Bahwa budaya reog adalah salah satu kesenian budaya khas dari propinsi jawa timur.Dimana kesenian reog tersebut menggambarkan bahwa ragam budaya yang ada di Indonesa yang patut kita lestarikan bersama. Kesenian Reog berasal dari Kota Ponorogo, salah satu kabupaten di Propinsi Jawa Timur. Kesenian budaya reog ponorogo ini juga sebagai kesenian khas Indonesia patut kita jaga dan dilestarikan bersama

    BalasHapus
  36. AKP Endang Kusumawati
    Polda NTB

    Beragam kesenian daerah merupakan sumber kekayaan negara yang tentunya disemua negara memilikinya, namun tidak sebanyak yang dimiliki Indonesia, aset negara dalam hal kesenian Indonesia membawa harum nama bangsa dengan hasil kreasi anak anak bangsa.
    Patut kita sukuri bersama dengan adanya pengakuan pengakuan negara lain kepada bangsa Indonesia, karenanya dengan melestarikannya berarti kita juga turut serta mengharumkan nama bangsa

    BalasHapus
  37. BRIGADIR YULIANTI
    POLRESTABES SURABAYA
    POLDA JATIM

    Indonesia memang terkenal mempunyai kesenian dan budaya yg beragam. Sebagai bangsa yg cinta tanah air kita harus ikut serta menjaga dan melestarikan budaya ini sebelum diambil oleh bangsa lain. Karena utk menjaga budaya ini bukan hanya tugas pemerintah saja tapi kita sbg warga negara yg baik jg harus menjaganya.

    BalasHapus
  38. BRIGADIR D INDAH W POLRES TUBAN POLDA JATIM

    Batik merupakan kesenian budaya yang hanya dimiliki oleh bangsa Indonesia, banyak warag negara asing yang bangga menggunakan kain batik kerajinan anak bangsa sedangkan warga negara Indonesia sendiri banyak yang kurang sadar arti pentingnya hasil kerajinan kesenian budaya sendiri mereka justru bangga dengan produk produk luar negeri.

    BalasHapus
  39. Budaya wayang adalah warisan nenek ,moyang kita, sebagai bangsa berbudaya dan wujud cinta tanah air akan selalu mempertahankan nilai nilai budaya peninggalan nenek moyang agar tidak punah,

    IPDA SRI SURYANI
    POLDA JATENG

    BalasHapus
  40. IPDA ENI NURLINASARI POLDA DIY
    Ijin mengomentari Reog Ponorogo ...Dari namanya kita pasti sudah tahu daerah asalnya tarian ini. Tokoh utama berupa Warok serta Gemblak yg selalu ada dalam setiap pertunjukan nya. Identik dgn adegan yg kadang diluar nalar.Bahkan berbau mistis yg mampu membuat decak kagum para penonton nya. Inilah yg membuat Reog Ponorogo menjadi terkenal dan mendunia.

    BalasHapus
  41. Sebagai negara yang kaya akan seni dari berbagai macam daerah di Indonesia sudah seharusnya kita sebagai bangsa yang besar perlu kita melestarikan budaya kita sendiri, agar tidak punah dan tidak di klaim oleh bangsa lain. Hasil Seni batik yang berasal dari daerah jawa sangatlah digemari oleh wisatawan mancanegara akan keunikannya, kt sebagai bangsa yang besar harus bisa melestarikan dan mengembangkan budaya dari nenek moyang kita agar tidak punah dan lebih berkembang sampai anak keturunan kita... Ipda Retna wiyarti, polda jateng

    BalasHapus
  42. Reog merupakan salah satu kesenian Jatim, dimana tradisinya sangat melekat pd masy tentang pantanganya dan mistiknya. Semua harus berjalan dengan nenek moyang yg seh mewarisnya dan tidak boleh hilang di masy Jatim. Oleh karea itu sebagai penerus da pewaris kesenian bangsa da sbg masy Jatim pd khususnya wajib hukumnya untuk melestarikannya karena reog ponorgo mrpkn salah satu icon bangsa Indonesia.... (Bripka Novi, Jatim)

    BalasHapus
  43. Brigadir Vita Zatziah
    Polres Mojokerto Polda Jatim

    Saya bangga menjadi warga negara bangsa Indonesia, karena bangsa indonesia memiliki berbagai macam budaya salah satunya batik dan reog yang saat ini mulai dilirik oleh bangsa tetangga dan jangan sampai batik dan reog diambil negara lain yang mengaku-ngaku budaya tersebut adalah budayanya sehingga kita harus memperkenalkan bahwa batik dan reog adalah salah satu budaya asli bangsa Indonesia

    BalasHapus
  44. Selamat malam Jenderal mohon ijin wayang adalah salah satu kesenian tradisional indonesia yang sudah banyak dikenal baik di dalam maupun luar negeri. Pertunjukan wayang di Bali biasanya diadakan pada saat upacara tertentu yang menceritakan tentang kisah Ramayana dan Mahabarata, namun saat ini di Bali sudah ada wayang modern menceritakan kisah kehidupan sehari-hari yang sarat dengan pesan moral dan sangat efektif untuk menyampaikan pesan tersebut kepada masyarakat. dikemas secara jenaka sehingga bisa diterima oleh semua kalangan baik anak-anak maupun orang dewasa.

    BalasHapus
  45. Assalamualaikum, wr, wb.

    mohon Ijin Jenderal saya memberi komentar bahwa kesenian di Indonesia sangat beragam dan harus kita jaga kelestariannya melalui adat setempat atau pemerintah yg membidangi kesenian (Dikbud) namun saya berpesan jaga kemurnian budaya/aslinya karena kesenian daerah itu disamping semakin pudar tergerus zaman, generasi kita dalam menjaga kesenian asli sering memasukkan ide-ide kreatif disesuaikan perkembangan jaman, tetapi itu justru sedikit demi sedikit dapat merubah keaslian kesenian itu sendiri sehingga dikhawatirkan suatu saat nanti akan hilang bahkan tidak ada yg peduli, padahal nenek moyang kita dlm menciptakan kesenian tidak asal mencipta tetapi melalui proses rasa, karsa yg sangat halus yg diambil dari kehidupan adat istiadat saat itu. Bahkan mereka dalam mencipta perlu tirakat terlebih dahulu utk mendptkan ide+ide dlm menciptakan kesenian dimaksud.

    Wassalamualaikum, wr, wb.

    Aiptu Endarwati - Polda Jatim

    BalasHapus
  46. Diawal periode tahun 2007-an, hubungan Indonesia dengan negara tetangga Malaysia
    sempat memanas karna pihak Malaysia (mencoba) meng-klaim beberapa seni budaya asli Indonesia.
    Dan dari sekian banyak seni budaya yang berusaha diklaim pihak Malaysia, tari reog ponorogo
    menjadi salah satu yang dipermasalahkan. Tari reog ponorogo yang pada dasarnya berkarakter
    seperti harimau atau yang lebih umum disebut dengan "Singa barong" menjadi simbol untuk kertabhumi.
    Biasanya tarian ini dibawakan oleh 6-8 gadis yang menaiki kuda, dan dipentaskan pada acara-acara
    daerah ataupun nasional.

    IPDA SWANDAYANI, SH
    POLDA METRO JAYA

    BalasHapus
  47. MONICA NINDYA PUTRI
    BRIPDA / 94010531
    MAKO KORPS BRIMOB

    Mohon ijin jenderal. Mohon ijin memberikan pendapat. Saya setuju dengan pendapat Jenderal, indonesia itu kaya akan budaya yg beraneka ragam yang dimilikinya. Saya bangga menjadi warga negara Indonesia. Seharusnya kita sebagai pemuda harapan bangsa harus menjaga dan memelihara kelestarian budaya Indonesia, jangan sampai kejadian terulang kembali dimana negara lain merebut kebudayaan milik kita dan mereka mengaku bahwa budaya itu adalah miliknya. Maka dari itu kita harus menjaga dan melestarikan budaya Indonesia,walaupun bnyak budaya asing yg masuk, kita ttp melestarikan budaya kita agar tidak punah karena perkembangan zaman.
    Terimakasih Jenderal, maaf apabila ada salah- salah kata / ada kata yg kurang berkenan, saya mohon maaf.

    BalasHapus
  48. Iptu Alia Fatma SH, POLDA DIY
    Indonesia sebagai negara kebangsaan terdiri dari berbagai suku bangsa yang ada didalamnya memiliki aneka ragam budaya adiluhung yang di dalamnya memuat ajaran tentang nilai, etika, norma,kultur yang ada dalam budaya kita itu yang menjadi panutan masyarakat karena mengandung kristalisasi nilai nilai dari budaya yang ada dan dimunculkan dalam bentuk dalam bearneka karakter seperti dalam budaya wayang misalnya,melalui wayang para leluhur hendak mengajarkan kepada para penerusnya tentang nilai nilai yang baik yang harus diperjuangkan dan memberi contoh sifat dan karakter yang tidak baik agar tidak diikuti oleh para penerusnya, wayang menjadi media edukasi yang efektif bagi masyarakatnya.Sehingga hendaklah budaya budaya ini kita warisi, kita jaga dan lestarikan sebagai salahsatu cara pem bentukan dan pengenalan karakter bangsa ke depan, agar budaya ini tak punah dan diambil bangsa lain karena kita tidak peduli.

    BalasHapus
  49. Negara Indonesia adalah negara yang kaya akan seni budayanya.Banyak kesenian Indonesia yang di aku-akui oleh negara lain,negara lain ingin menganggap kalau itu adalah kesenian mereka mengapa kita tidak?malah ingin meniru kesenian budaya barat yang modern.Agar seni budaya Indonesia tidak luntur,maka harus d tanamkan kepada masyarakat Indonesia bahwa kita harus cinta akan seni budaya sendiri dan terus mengembangkannya agar tetap menjadi khas bagi Indonesia dan menjadi kebanggaan tersendiri bagi negara Indonesia.

    BalasHapus
  50. IPDA SRI NGAMINI
    POLDA METRO JAYA

    Kebudayaan daerah tercermin dalam berbagai aspek kehidupan masyarakat di seluruh daerah Indonesia. Setiap daerah memiliki ciri khas kebudayaan yang berbeda. Seperti Wayang yang berkembang pesat dipulau Jawa dan Bali. Seperti halnya juga dengan batik yang merupakan kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia yang sampai saat ini masih ada. Batik juga diperkenalkan pertama kali di dunia oleh presiden Soeharto yang pada waktu itu memakai batik pada konferensi PBB. Sedangkan tarian Reog merupakan tarian yang berasal dari Jawa Timur bagian barat laut dan Ponorogo sehingga asal usul tarian Reog berasal dari Ponorogo. Reog adalah salah satu budaya daerah di Indonesia yang masih sangat kental dengan hal-hal yang berbau mistik dan ilmu kebatinan yang kuat. Oleh karena itu, kita sebagai warga negara Indonesia harus melestarikan kesenian tradisional dan kita wajib menjaganya sehingga tidak di claim oleh negara lain. Salam 86!

    BalasHapus
  51. sebenarnya indonesia sangatlah kaya akan karya seni dan budaya yang tidak dimiliki oleh negara lain, tapi sayang akhir-akhir ini banyak karya seni dan budaya indonesia yang di klaim oleh negara lain, itu karena warga indonesia sendiri yang tidak mau menghargai karya seni dan budayanya, bahkan mereka cenderung menyukai produk negara lain atau luar negeri, padahal di luar sana banyak negara yang iri dengan kekayaan seni dan budaya indonesia sampai-sampai mereka berani mengklaim kesenian dan kebudayaan negara kita...belum lengkap rasanya Jadi orang Indonesia Jika tidak punya batik..selamatttt pagiiii Jendraaaallll

    BalasHapus
  52. AKP DESI NURHAYATI
    POLDA JATIM

    Indonesia memiliki kekayaan warisan budaya nenek moyang yang tak ternilai harganya, sudah sepatutnya kira sebagai generasi penerus untuk melestarikan warisan budaya tersebut.
    Dengan semakin majunya teknologi informasi menyebabkan tergerusnya warisan budaya nenek moyang, karena para generasi muda ingin mengikuti kebiasaan masyarakat barat (negara asing) agar kebarat-baratan, supaya tidak dianggap ketinggalan jaman. Padahal budaya asing tersebut belum tentu tepat bagi generasi muda.
    Di lain sisi, masyarakat asing begitu menghargai warisan budaya Indonesia. Bisa kita lihat, di Amerika ada sekelompok warga Amerika mempelajari musik gamelan, tarian jawa, tarian bali dan sudah berlangsung puluhan tahun. Sungguh suatu ironi yang sangat menyakitkan.
    Oleh karena itu, kita sebagai generasi penerus bangkit dan lestarikan warisan budaya nenek moyang, agar tidak hilang dan diakui oleh negara lain.

    BalasHapus
  53. Bripda dina
    Polda jabar

    Indonesia memang negara yang kaya yang akan budaya .. budaya itu harus kita jaga agar tdk diakui bangsa lain .

    BalasHapus
  54. AIPTU S.Z. RAHAYU Nrp 67100236
    Polda Jatim

    Mohon ijin Jenderal, Indonesia merupakan negara yang memiliki budaya yang beraneka ragam, karena budaya Indonesia adalah seluruh kebudayaan nasional, kebudayaan lokal maupun kebudayaan asal asing yang telah ada di Indonesia. Tapi sayang banyak karya seni dan budaya Indonesia yang kurang dihargai oleh warga Indonesia sendiri. Oleh karena itu kita harus melestarikan kekayaan budaya bangsa Indonesia, agar tidak di klaim sebagai kebudayaan negara lain. Budaya merupakan suatu kebiasaan yang mengandung nilai-nilai penting dan fundamental yang diwariskan dari generasi ke generasi. Warisan tersebut harus dijaga agar tidak luntur atau hilang, sehingga dapat dipelajari oleh generasi berikutnya. Secara umum, budaya juga dapat mempererat dan membulatkan tekad untuk menyatukan Indonesia dengan menyamakan pola pikir bahwa Indonesia memang berbeda budaya tiap daerah tetapi tetap dalam satu kesatuan Indonesia Raya.

    BalasHapus
  55. IPDA NENY Polda DIY...Ijin mengomentari ttg Wayang..menurut pendapat saya kesenian Wayang merupakan warisan nenek moyang yang harus kita jaga kelestariannya agar tidak punah dan dpt diwariskan kpd anak cucu kita. Cerita dlam wayang merupakan gambaran kehidupan sehari_hari . Utk itu mari kita jaga kesenian Wayang agar tidak diambil oleh negara lain.

    BalasHapus
  56. IPDA Suwarni Polda DIY
    Ijin menanggapi...Indonesia adalah negeri yg kaya akan kebudayaan dan kesenian. Sebagai warga negara yg baik sdh sepatutnya kita harus menjaga dn melestarikan warisan nenek moyang kita agar tidak punah dan dpt diwariskan kpd anak cucu kita generasi penerus bangsa. Tanamkan rasa kebanggaan sejak kecil dg mempelajari aneka budaya dan kesenian yg ada. Jgn sampai kebudayaan dan kesenian kita diklaim oleh negara lain..

    BalasHapus
  57. Mohon Ijin berkomentar Jenderal...
    Bangsa Indonesia sebagai negara yang beraneka ragam budaya (BHINEKA TUNGGAL IKA).Keanekaragaman budaya yang kita miliki merupakan ciri khas dan aset dari bangsa Indonesia.Namun sebagian besar dari generasi muda tidak mengenal jenis-jenis kebudayaan yang di miliki bangsa Indonesia.Tidak banyak orang yang perduli dengan keberadaan budaya, apakah akan berkembang atau menciut?dan pemberian apresiasi kepada pecinta seni dan budaya pun tidak banyak, seolah-olah keinginan untuk mengembangkan budaya tidak ada dalam benak sang penerus bangsa.Bangsa Indonesia hanya akan marah ketika Kesenian dan Kebudayaan Bangsa Indonesia di klaim oleh negara lain.Padahal yang terpenting adalah bagaimana kita menjaga dan melestarikan kebudayaan Indonesia dan memperkenalkan kebudayaan Indonesia di mata dunia.
    Jika kita menengok kemasa yang lalu dimana kebudayaan indonesia yang sangat dibanggakan dan di cintai, serta apresiasi mereka (masyarakat dan penggerak seni), seiring dan berdampingan demi terlaksanannya pementasan budaya, sangat membanggakan sekali dan sangat jauh berbeda sekali dengan kebaradaannya sekarang yang semakin terpojok dan tertinggal.
    Berbeda-beda tapi satu tujuan “Bhineka Tunggal Ika” dengan beraneka ragam seni dan budaya tapi tetap Bangsa Indonesia. Kapankah kebangkitan kebudayaan Indonesia akan kembali di banggakan oleh seluruh rakyat Indonesia, dan menjadi tameng Indonesia kepada bangsa lain bahwa bangsa Indonesia memang layak untuk diperhitungkan.

    AKP ADRIE SULASMI - POLDA METRO JAYA

    BalasHapus
  58. Mohon ijin berbagi komentar Jenderal....Kebudayaan di Indonesia banyak sekali dan beraneka ragam.Tetapi,sudah ada beberapa yang dilupakan atau tidak lagi kelihatan.Seharusnya budaya kita,harus kita kembangkan dan perkenalkan kepada penerus supaya tidak punah.

    Selama ini hanya pemerintah saja yang bekerja untuk memperkenalkan, tetapi sebagai warga negara Indonesia seharusnya kita ikut serta membantu.beberapa kebudayaan yang hampir punah.contohnya:ondel-ondel.Ondel-ondel tidak pernah kelihatan lagi di daerah perumnas-perumnas.Ondel-ondel hanya dipakai kalau ulang tahun jakarta saja. Dan tidak dapat di pungkiri kita kurang menjaga kebudayaan kita.sehingga kebudayaan kita di bajak oleh negara lain spt malaysia contohnya: batik,keris,nasi uduk,tari piring dari padang,reog ponorogo dan tari pendet dari bali.seharusnya kita melakukan tour-tour ke luar negeri untuk memperkenalkan kebudayaan -kebudayaan yang ada di indonesia.supaya luar negri tahu kebudayaan indonesia.dan tidak di bajak lagi.

    IPDA SRI NINGSIH - POLDA METRO JAYA

    BalasHapus
  59. NI LUH PUTU PUTRI SARI DEWI KUNA.
    BRIPDA / 94030341
    MAKO KORP BRIMOB
    ijin Jendral
    seni budaya bukan hanya suatu bentuk karya sastra yang bisa dipamerkan namun seni budaya lebih bernilai dari yang kita maksudkan . Seni melambangkan keindahan yang terpancar dari setiap karya yang disajikan, seperti halnya seni tari, seni lukis, seni peran, dsb yang memberikan dampak psikologis yang bisa dirasakan.
    Seni budaya Indonesia bisa dibilang sangat kaya karena keragaman budaya daerah yang menjadi ciri khas Indonesia. Terimakasih jendral

    BalasHapus
  60. Brigadir Rindu W
    Polda Jatim
    Budaya bangsa hrs terus dilestarikan dan digali agar tetap ada dan tidak diambil bangsa lain.

    BalasHapus
  61. Bangsa Indonesia Adalah bangsa yg bear gam seni budaya nilai tradition seni budaya yang tinggi merupakan ciri khas bangsa dan menjadi salah satu faktor Indonesia. Mendapat nilai plus dimanca negara ,budaya merupakan warisan leluhur dan merupakan kekayaan bangs a yang harms dilestarikan kita Sebastian generus bangsa Harry's mempertahankan nilai nilai budaya ini semirigid perkembangan zaman nilai inlaid budaya traditional Sudah mulai terlupakan untuk iTu kita harus memperkenalkan budaya wayang kepada anak sejak dini dgn mengadakan pegelaran wayang pada saat Ada Acara wayang,melestarikan batik dengan berbudaya memakai baju batik di kantor pada hari jumat dan sabtu,reog merupakan kesenian asal ponorogo kesenian daerah harms dilestarikan Karens kesenian daerah merupakan aset budaya dan jati diri suatu daerah Karena bangsa yang besar Adalah bangsa yg mempunyai jati diri .

    Akp LIsa oktaviyah,Skm,MM Polda Jateng

    BalasHapus
  62. BRIPDA SHERLY SUSTIANA SAPUTRI
    POLDA JATENG
    Selamat sore Jenderal,
    Batik merupakan warisan leluhur yang telah diakui UNESCO yang harus kita lestarikan. Dahulu ketika saya masih kecil jika memakai pakaian batik rasanya seperti orang tua. Namun seiring perkembangan zaman yang semakin modern ini banyak butik atau toko yang menjual pakaian anak-anak dengan motif batik yang beraneka ragam yang coraknya cocok untuk anak-anak sehingga anak-anak terlihat makin cantik dan tampan mengenakan batik. Hal ini juga menjadi salah satu media untuk memperkenalkan warisan leluhur kepada anak-anak yang akan menjadi generasi penerus bangsa untuk melestarikan budaya bangsa. Selain itu, ketika kita membeli batik tulis janganlah terlalu murah karena penjual kain batik tersebut sudah menghitung biaya pembuatan batik dari awal hingga akhir. Apalagi membuat batik tulis tidaklah mudah, membutuhkan proses yang lama dan rumit. Terima kasih.

    BalasHapus
  63. IPDA SRI ISWATI
    nrp : 67090025
    POLRES LAMONGAN

    Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai budaya lokalnya. Sebagaimana kita ketahui banyak sekali budaya yang ada di Indonesia. Namun kecintaan kita terhadap budaya sendiri masih dirasa sangat kurang. tetapi pada saat budaya kita diadopsi oleh bangsa lain baru pada saat itu kita berteriak bahwa itu merupakan budaya kita. Sungguh sangat ironi. Budaya lokal seharusnya harus sangat kita hargai dan dijunjung tinggi karena mengandung nilai - nilai luhur di dalamnya. Bukan malah sibuk belajar budaya negara lain hingga lupa akan budaya kita sendiri. Contohnya budaya jawa, kita ambil contoh hanya sekian persen anak muda yang fasih dan mengerti bahasa jawa dan menggunakannya dalam kehidupan sehari - hari. sedangkan mayoritasnya sibuk belajar bahasa asing dan budaya asing. Tentu sah sah saja mempelajari budaya asing namun jangan sampai melupakan budaya sendiri. kalau bukan kita yang menjunjung tinggi budaya kita sendiri lantas mau siapa lagi?
    Begitu besar perjuangan nenek moyang kita dalam melahirkan suatu budaya seperti contohnya batik dan wayang. tentu melewati waktu yang sangat panjang dan sulit. Kita hanya berkewajiban menjaga dan melestarikan saja enggan tentu hal ini sangat tidak pantas untuk dilakukan.
    Budaya jawa adalah salah satu budaya yang sangat kental di Indonesia. Sebagai bagian dari suku Jawa seyogyanya kita menjunjung tinggi budaya kita dengan menerapkannya pada keseharian kita. Seperti misalnya, mengenakan batik pada tiap satu hari tertentu dalam satu minggu. Melestarikan pentas pewayangan bukan malah dangdut koplo. Karena mustahil kita bisa mengubah dunia apabila kita tidak memulainya dari diri kita sendiri.
    terimakasih.

    BalasHapus
  64. Kebudayaan memang harus di lestarikan , untuk SPN Purwokerto polda jateng setiap tupdik selalu menampilkan tarian dan alat musik tek - tek banyumasan , walaupun siswa berasal dari berbagai macam suku di indonesia namun mereka bisa malaksanakanya dengan sempurna
    Akbp winarto , spn purwokerto

    BalasHapus
  65. AIPDA LUKHI RINA.N POLDA JAWA TIMUR
    Sebagai generasi penerus harus melestarikan budaya bangsa agar tidak punah.

    BalasHapus
  66. Brigadir sumiatun
    Ba Rumkit Bhayangkara Polda DIY

    Indonesia merupakan negara yang kaya raya dengan berbagai budayanya.Kita sebagai bangsa indonesia harus bangga dengan budaya yang kita miliki,dengan menjaga kelestariannya dengan menumbuhkan kesadaran tentang pentingnya budaya sebagai jati diri bangsa sehingga tidak diakui oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  67. Mohon ijin mengomentari

    Reog Ponorogo adalah salah satu dari kebudayaan Indonesia yang wajib kita jaga dan lestarikan. Jangan sampai jatuh atau diambil oleh negara lain. Oleh sebab itu kita sebagai generasivmuda harus tau dan belajar tentang kesenian tersebut.
    AIPDA TUTUK KURNIASIH - POLDA JATIM

    BalasHapus
  68. Kesenian batik di indonesia adalah kesenian menggambar di atas kain untuk bahan pakaian yang menjadi salah satu kebudayaan keluarga raja-raja di Indonesia zaman dulu. Awalnya batik di indonesia dikerjakan hanya terbatas dalam kraton saja dan hasilnya untuk pakaian raja dan keluarga serta para pengikutnya. Oleh karena banyak dari pengikut raja yang tinggal diluar kraton, maka kesenian batik ini dibawa oleh mereka keluar kraton dan dikerjakan ditempatnya masing-masing.
    Lama-lama kesenian batik ini ditiru oleh rakyat terdekat dan selanjutnya meluas menjadi pekerjaan kaum wanita dalam rumah tangganya untuk mengisi waktu senggang. Selanjutnya, batik di indonesia yang tadinya hanya pakaian keluarga kraton, kemudian menjadi pakaian rakyat yang digemari, baik wanita maupun pria.

    Perkembangan batik semakin meluas dari yang semula hanya di pulau Jawa meluas sampai dengan pulau lainnya dan akhirnya meng-Indonesia, namun dalam penamaannya berbeda- deda serta mempunyai motif yang berbeda beda pula disesuaikan karakter daerahnya , contoh untuk di pulau Jawa dinamakan Batik Tulis, Pulau Sulawesi Utara dinamakan Bentenan,dan lain sebagainya, dengan cara pembuatan yang masih tradisional sampai dengan yang sudah menggunakan tehnologi mesin.

    Dan sekarang batik sudah dijadikan sebagai pakaian nasional, ada hari yang diwajibkan dalam penggunaan baju batik sebagai wujud kecintaan dan menanamkan rasa nasionalisme, siapa lagi kalo bukan kita sebagai warga negara Indonesia yang mau melelestarikan dan membanggakan budaya . Jangan sampai Budaya yang sudah kita miliki berabad-abad yang lalu karena kita mengabaikannya akhirnya di klaim milik dari negara lain.

    Iptu Atik Suswanti ( Polda Jabar)

    BalasHapus
  69. IPDA LILIK ISTI . S SINDKAT JATIM 2

    sampai dengan detik ini batik adalah merupakan budaya indonesia yang mempunyai nilai tinggi karena setiap tamu mancanegara ke indonesia baik diplomat maupun turis pulang / kembali ke negaranya pasti membawa batik sebagai cinderamata / buah tangan.
    sekarang batik diberbagai derah diindonesia mempunyai aneka ragam ciri khas sendiri tentang corak batik sesuai dengan wilayah dan budaya masing2 daerah dengan pewarnaan yg digunakan menggunakan ,pewarnaan alami dari tumbuh2 an yg tumbuh didaerah sekitarnya ,Contoh...:pewarnaan dengan menggunakan daun jati ,dan saat ini batik di indonesia sdh dijadikan ikon Bangsa Indonesia sebagai baju seragam Instansi pemerintahan atau kantor2 swasta.karena batik indonesia mmng UNIK

    BalasHapus
  70. Bripda Bravly Dwi Mayangsari
    Polda Jateng

    Berasal dari zaman animisme, wayang terus mengikuti perjalanan sejarah bangsa sampai pada masuknya agama Hindu di Indonesia sekitar abad keenam. Bangsa Indonesia mulai berseniuhan dengan peradaban tinggi dan berhasil membangun kerajaan-kerajaan seperti Kutai, Tarumanegara, bahkan Sriwijaya yang besar dan jaya. Pada masa itu wayang pun berkembang pesat, mendapat pondasi yang kokoh sebagai suatu karya seni yang bermutu tinggi.Berangkat dari perubahan nilai-nilai yang dianut, maka wayang pada zaman Demak dan seterusnya telah mengalami penyesuaian dengan zamannya. Bentuk wayang yang semula realistik proporsional seperti tertera dalam relief candi-candi, distilir menjadi bentuk imajinatif seperti wayang sekarang ini. Selain itu, banyak sekali tambahan dan pembaharuan dalam peralatan seperti kelir atau layar,blencong, atau lampu, debog yaitu pohon pisang untuk menancapkan wayang, dan masih banyak lagi.

    Para wali dan pujangga Jawa mengadakan pembaharuan yang berlangsung terus menerus sesuai perkembangan zaman dan keperluan pada waktu itu, utamanya wayang digunakan sebagai sarana dakwah Islam. Sesuai nilai Islam yang dianut, isi dan fungsi wayang telah bergeser dari ritual agama (Hindu) menjadi sarana pendidikan, dakwah, penerangan, dan komunikasi massa. Ternyata wayang yang telah diperbaharui kontekstual dengan perkembangan agama Islam dan masyarakat, menjadi sangat efektif untuk komunikasi massa dalam memberikan hiburan serta pesan-pesan kepada khalayak. Fungsi dan peranan ini terus berlanjut hingga dewasa ini.





    BalasHapus
  71. AIPTU MAWANG KENTI PRAPTIWI
    Polres Batu Polda Jatim

    Seringkali kebudayaan kita diambil atau diklaim sebagai budaya dari negara tetangga misal : yang akhir-akhir ini gencar diberitakan oleh media kasus batik dan reog ponorogo, inilah contohnya bahwa kita sebagai warga negara indonesia masih kurang mempehatikan dan melestarikannya.
    untuk menghindari hal-hal tersebut diatas maka kita wajib menjaga kekayaan budaya bangsa kita dengan cara mengenalinya, bila perlu mempelajarinya dengan cara kita mengadakan event/kegiatan/lomba pelestarian budaya tersebut.
    Disamping itu kita mengajari generasi penerus bangsa untuk mencintai budaya lokal pada masing masing daerah, agar budaya lokal tidak punah tergerus jaman serta kita ajarkan generasi muda untuk tidak terpengaruh budaya asing.

    BalasHapus
  72. BRIPDA WAHYUNI HARDIYANTI
    POLDA JATENG
    Selamat malam Jenderal, menurut saya warisan leluhur mulai punah karena banyak budaya baru dari luar yang masuk ke Indonesia. Kita generasi harusnya melestarikan budaya Indonesia salah satunya yaitu dengan memperkenalkan wayaang kulit kepada anak-anak. Dahulu ketika saya masih kecil, ayah saya membangunkan saya tengah malam untuk menyaksikan wayang kulit di salah satu televisi daerah. Saya senang sekali dan sejak saat itu saya suka dengan wayang kulit. Namun sekarang wayang kulit sudah jarang ada di televisi. Ini tentunya membuat saya sedih karena adik-adik menjadi tidak tahu tentang warisan leluhurnya yang luar biasa. Terima kasih.

    BalasHapus
  73. Reza Ayu Afita
    Polda Jawa Tengah

    Ijin mengomentari jendral
    Budaya indonesia memang beraneka ragam . Indonesia sangat kaya akan budaya asli indonesia salah satunya batik .
    Maka dari itu sebagai warga indonesia yg baik kita harus melestarikan budaya indonesia . Jangan sampai budaya kita di ambil atau di akui oleh negara lain .
    Terimakasih

    BalasHapus
  74. AKP MAS URIVEFIATI
    POLDA JATIM





























    Keaneka ragaman budaya nasional yang dimiliki bangsa Indonesia, membuat iri bangsa atau negara lain sehingga ada seni budaya Indonesia dan masakan Indonesia yang diakui sebagai milik atau asal dari negara mereka contohnya batik, tari reog Ponorogo, atau masih ada yang lainnya. Kita sebagai bangsa Indonesia harus bangga lahir sebagai bangsa Indonesia, negara yang mempunyai kekayaan alam berbagai budaya. kita wajib untuk menjaga, melestarikan dan mempromosikannya pada bangsa atau negara lain warisan nenek moyang kita yang terkenal dengan julukan "Ratna mutu manikam" negara khatulistiwa yangkaya akan rempah-rempah, hasil bumi yang melimpah tetapi belum dapat dinikmati sepenuhnya oleh anak bangsa karena SDM yang tak dapat mengolah sendiri, sudah puas dengan apa yang telah atau sudah dimiliki, sehingga dimanfaatkan oleh bangsa lain, kita ini sedang dibodohi oleh negara lain. Itu yang harus menjadi perhatian anak bangsa Indonesia saat ini. Bangkitlah generasi mudaku !!! SEMANGAT!!! Tunjukkan bahwa kita bisa. Terima kasih.

    BalasHapus
  75. Negara Indonesia memiliki banyak kebudayaan yang sangat indah dan patut dibanggakan di dunia Internasional. Namun masalah yang terjadi saat ini adalah kurangnya kesadaran bangsa Indonesia untuk mencintai dan melestarikan budayanya tersebut. Kaum elite seolah lebih bangga menggunakan baju dan tas bermerk dari Paris dan Korea. Kaum muda lebih menyukai breakdance dan modern dance daripada tari-tarian daerah. Orang tua lebih sering mengajak anaknya ke bioskop untuk menonton serial boxoffice dibandingkan menyaksikan pertunjukan reog atau wayang. Apabila hal tersebut terus berlanjut, maka dikhawatirkan budaya budaya tersebut akan punah , atau bahkan diakui oleh negara lain sebagai budaya mereka.

    Yang bertanggung jawab melestarikan warisan budaya itu adalah bangsa Indonesia sendiri. Maka dari itu, mulai dari diri sendiri dan dari saat ini, kita mulai membiasakan untuk mencintai dan menggunakan produk-produk Indonesia, berlomba-lomba untuk mempelajari tari-tarian dan lagu-lagu daerah, serta menanamkan kepada anak mulai usia dini untuk menyukai kesenian tradisional asli Indonesia.

    Rahmaningtyas - Polda Jateng.

    BalasHapus
  76. Briptu Siti Isna Rohmiyati
    Polda Bali

    Indonesia memiliki beraneka ragam suku, budaya, dat istiadat, agama, kesenian. Tapi rakyat indonesia tetap satu kesatuan bangsa Indonesia, tidak ada perbedaan budaya satu dengan budaya yang lain, semua yang kita miliki jangan sampai diambil oleh negara lain maka kita sebagai warga indonesia yang cinta tanah air, kita harus tetap bangga dan melestarikan semua keanekaragaman budaya dan kesenian yang kita miliki.

    BalasHapus
  77. Indonesia sangat kaya sumber daya alamnya, sumber daya manusianya, keragaman suku, adat istiadat, bahasa daerah dan juga seni budayanya. Salah satu budayanya adalah wayang, ada wayang kulit, wayang orang dan sebagainya. Di Bali sangat populer wayang kulit yang sering dipertunjukkan dalam
    kegiatan agama dan acara lainnya yang mengisahkan cerita Mahabrata dan Ramayana namun sering diselipkan cerita-cerita atau berita terkini / up to date juga pesan2 moral. Pesan-pesan itu dikemas dengan bagus diselingi humor-humor sehingga masyarakat yang menonton bisa menerima pesan moral tersebut. Sebagai masyarakat Indonesia tentunya kita harus menjaga krbudayaan Negara kita sehingga tidak diklaim oleh negara lain.

    Iptu Ni Made Lestari
    Polda Bali

    BalasHapus
  78. Bripda Putu Devi
    Polda Bali

    Mohon ijin berkomantar Jenderal
    negara indonesia merupakan negara yg memiliki banyak sekali kesenian khas daerah masing2..
    Saya sebagai generasi penerus bangsa merasa sangat bangga memiliki negara yg mempunyai sejuta kesenian baik tari2annya kerajinannya dll. Sebagai penerus kita harus melestarikankan jgn sampai kesenian yg kita miliki pudar karena masuknya budaya asing di negeri kita .. untuk itu lestarikan trus kesenian daerah yg kita milikii....
    terimakasih

    BalasHapus
  79. BRIPDA GALUH ADELINA SEPTIANSYAH
    POLDA METRO JAYA

    Mohon ijin jendral.
    Indonesia memang salah satu dari berbagai negara di dunia yang sangat kaya akan seni nya. Namun kita sebagai warga negara indonesia banyak yg tidak menyadari akan kekayaan seni bangsa kita. Sehingga dengan mudah bangsa lain mengklaim karya seni bangsa indonesia. Untuk itu seharusnya kita sebagai warga indonesia menyadari dan mengenali kesenian yang kita miliki dan berusaha mengangkat dan melestarikan kesenian tersebut dengan tujuan mencegah pengklaiman oleh bangsa lain.
    Terimakasih jendral

    BalasHapus
  80. BRIPTU RIZCHA JUNITA ADITYA, SH
    POLDA JABAR

    Budaya di Indonesia banyak sekali dan beraneka ragam, namun sudah ada beberapa yang dilupakan dan tidak terlihat. Karena kurangnya rasa kecintaan terhadap nilai - nilai seni dan budaya negeri kita sendiri dan lebih bangga dengan budaya luar negeri sehingga seni dan budaya negeri Indonesia diakui/dibajak oleh negara lain.
    Bukan hanya pemerintah saja yang bekerja untuk mempertahankan nilai-nilai seni dan budaya Indonesia tetapi kita sebagai warga negara Indonesia harus bisa mempertahankan dan melestarikannya. Jangan malu untuk mengakui kebudayaan negeri kita sendiri dari pada membanggakan kebudayaan luar negeri yang kebanyakan merusak moral bangsa Indonesia.

    BalasHapus
  81. Briptu Nur Arifah Yulianti
    (Polda Banten)
    Batik,kalau kita mendengar kata batik pasti yang teringat dalam benak kita adalah salah satu ciri khas dari negara indonesia tentunya,dimana negara tersebut kental akan nilai seni dan budayanya yang tinggi dan tak ternilai harganya,terutama seni melukis batik.

    Seni lukis khas indonesia ini pun (batik) hingga menembus kanca dunia internasional,hingga ke berbagai belahan dunia,dan dunia pun mengakui batik adalah seni lukis dari indonesia.
    berbagai macam corak atau bentuk batik di indonesia sangatlah unik dan mempunyai nilai leluhur yang perlu kita hargai dan di lestarikan

    Bagi saya "BATIK PERLU DI LIRIK KARNA IA CANTIK"

    BalasHapus
  82. AIPTU ENDANG HARIJANTI,S.Pd SPN PURWOKERTO

    Kesenian seharusnya menjadi alat sebagai identitas dari masing masing daerah di Indonesia. Pemersatu antara adat satu dengan lainnya. Namun perkembangan globalisasi juga menyebabkan pergeseran budaya dan seni. Banyak anak sekarang bermainya dengan Gadget, Tagblet, Ipad Play Stasion. dimana alat alat tersebut banyak yang jauh dari nilai seni dan budaya. Selain itu orang tua yang menganggap anaknya hebat karena mampu operasionalkan alat alat tersebut. Sedikit anak bangsa mau ikut dalam seni tari daerah, wayang dan seni lainnya. Mereka lebih memilih nonton Spiderman di XXI daripada nonton pergelaran wayang di balai desa.

    menjadi tugas kita Orang tua untuk mendampingi anak bangsa mengenal budaya sejak dini. Minimal perkenalkan bahasa Ibu kepada anak, sehingga anak semakin lekat dengan nilai sopan santun berbahasa dan timbul kesadaran jika budaya Indonesiapun tidak kalah dan dapat dijual melalui pertunjukan ke Luar Negeri

    Terima Kasih

    BalasHapus
  83. Mey Suryaningsih,
    POLDA JATIM

    Mencintai dan melestarikan seni budaya tidak harus menunggu kesempatan besar untuk mewujudkannya, tetapi justru di mulai dengan dari hal-hal kecil namun secara konsisten, yang akhirnya menjadi kebiasaan hidup.
    Seni budaya adalah salah satu indikator yang membawa manusia dalam kehidupan yang lebih beradab, Menjaga seni budaya bukan berarti kita menutup diri dari wawasan pada budaya negara lain, akan tetapi dengan bertambahnya wawasan tersebut justru kita bisa mengembangkan seni nudaya yang sudah ada menjadi lebih baik dan sesuai dengan keadaan/kondisi jaman saat ini.Berbudaya sama artinya bahwa kita berpikir/mengembangkan pikiran yang diselaraskan dengan tuntutan jaman.
    Mari kita cintai seni budaya dengan dimulai dari tindakan dalam keseharian kehidupan kita, ingat...langkah besar selalu dimulai dari langkah kecil.
    Bangga akan seni budaya kita sendiri dan menerapkannya dalam sikap, tingkah laku serta pikiran kita sebagai salah satu identitas negara dimata dunia

    BalasHapus
  84. Terima kasih tentang artikel nya , semoga bermanfaat, kunjungi my blog traveling

    BalasHapus