Selasa, 14 Januari 2014

Reog, Calung, Kuda Lumping, Lais, Debus, dan Tarawangsa

1. Reog Khas Sunda

 
icara mengenai seni dan budaya di Bandung khususnya khas Sunda mungkin saat ini sudah mulai tersisihkan oleh tekhnologi yang semakin canggih dan pagelaran seni yang mengangkat hal-hal modern. Namun kita sebagai warga Bandung jangan sampai melupakan seni dan budaya yang pernah mengangkat nama bangsa. Seperti kesenian Reog.

Ciri khas dari kesenian Reog ini adalah menggunakan dogdog (gendang) yang ditabuh dengan diiringi oleh gerak tari yang lucu serta lawak dari para pemain lainnya. Biasanya disampaikan dengan pesan-pesan sosial dan keagamaan. Kesenian reog dimainkan oleh empat orang, yaitu seorang dalang yang bekerja mengendalikan permainan, wakilnya yang ditambah oleh dua orang lagi, serta yang lainnya berperan sebagai peran pembantu. Peran dalang adalah memainkan dogdog berukuran 20 cm yang disebut dogdog Tilingtingtit, sedangkan wakilnya memainkan dogdog berukuran 25 cm yang disebut Panempas, pemain ketiga memainkan dogdog berukuran 30-35 cm yang disebut Bangbrang dan pemain keempat memainkan dogdog berukuran 45 cm yang disebut Badublag. Untuk memainkan beberapa lagu ada pula penabuh waditra dengan perlengkapan seperti dua buah saron, gendang, rebab, goong, gambang, dll.

2. Calung

Calung jinjing











Calung Rantay
























Calung adalah alat musik Sunda yang merupakan prototipe (purwarupa) dari angklung. Berbeda dengan angklung yang dimainkan dengan cara digoyangkan, cara menabuh calung adalah dengan memukul batang (wilahan, bilah) dari ruas-ruas (tabung bambu) yang tersusun menurut titi laras (tangga nada) pentatonik (da-mi-na-ti-la). Jenis bambu untuk pembuatan calung kebanyakan dari awi wulung (bambu hitam), namun ada pula yang dibuat dari awi temen (bambu yang berwarna putih).
Pengertian calung selain sebagai alat musik juga melekat dengan sebutan seni pertunjukan. Ada dua bentuk calung Sunda yang dikenal, yakni calung rantay dan calung jinjing.

3. Kuda Lumping

 

Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan adalah tarian tradisional Jawa menampilkan sekelompok prajurit tengah menunggang kuda. Tari Kuda lumping Jawa ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Tari Kuda lumping Jawa biasanya hanya menampilkan adegan prajurit berkuda, akan tetapi beberapa penampilan kuda.

4. Lais

Lais merupakan kesenian tradisional yang dikenal sejak jaman penjajahan Belanda dan hingga saat ini masih bisa disaksian setiap penyelenggaran event budaya di Kota Garut. Atraksi ini disamping memerlukan keahlian khusus namun juga keberanian, dimana pemain utamanya bergelantungan, jungkir balik, menari sambil berputar-putar pada seutas tambang yang diikatkan pada dua batang bambu di kiri kanannya tanpa menggunakan alat pengaman sambil diiringi oleh musik pencak silat tradisional sunda, sementara pemain lainya melantunkan cerita-cerita jenaka sebagai pelengkap hiburan pada atraksi tersebut.

Kesenian lais merupakan kesenian tradisional yang memperlihatkan ketangkasan pemainnya. Kesenian ini mirip akrobat yang ditampilkan dalam acara sirkus. Orang yang mengaksikan bisa dibuat berdebar-debar karena pemain lais membuat penonton terpesona. Cara Pak Lais memanjat kelapa sangat berbeda dengan yang dilakukan kebanyakan orang. la cukup memanjat sekali saja untuk mengambil kelapa di beberapa pohon.

Caranya, setelah memanjat clan mengambil kelapa dari satu pohon, ia tidak langsung turun. Tetapi ia akan mencari pohon terdekat clan menjangkau pelepahnya untuk kemudian bergelayun pindah ke pohon lain. Demikianlah seterusnya. la akan berpindah-pindah dari satu pohon kelapa ke pohon kelapa lainnya dengan cara bergelayun melalui pelepahnya.

5. Debus

 
Debus merupakan kesenian bela diri dari Banten yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa. Misalnya kebal senjata tajam, kebal air keras dan lain- lain.
Kesenian ini berawal pada abad ke-16, pada masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570). Pada zaman Sultan Ageng Tirtayasa (16511692) Debus menjadi sebuah alat untuk memompa semangat juang rakyat banten melawan penjajah Belanda pada masa itu. Kesenian Debus saat ini merupakan kombinasi antara seni tari dan suara.


Debus lebih dikenal sebagai kesenian asli masyarakat Banten, yang mungkin berkembang sejak abad ke-18. Menurut sebagian banyak sumber sejarah, kesenian debus Banten bermula pada abad 16 masa pemerintahan Sultan Maulana Hasanuddin (1532-1570) Debus mulai dikenal pada masyarakat Banten sebagai salah satu cara penyebaran agama Islam. Namun ada juga yang menyebutkan Debus berasal dari daerah Timur Tengah bernama Al-Madad yang diperkenalkan ke daerah Banten ini sebagai salah satu cara penyebaran Islam pada waktu itu. Yang lainnya menyebutkan bahwa debus berasal dari tarekat Rifa’iyah Nuruddin al-Raniri yang masuk ke Banten oleh para pengawal Cut Nyak Dien (18481908).

6. Tarawangsa





Tarawangsa merupakan salah satu jenis kesenian rakyat yang ada di Jawa Barat. Istilah "Tarawangsa" sendiri memiliki dua pengertian: (1) alat musik gesek yang memiliki dua dawai yang terbuat dari kawat baja atau besi dan (2) nama dari salah satu jenis musik tradisional Sunda.

Sebagai alat musik gesek, tarawangsa tentu saja dimainkan dengan cara digesek. Akan tetapi yang digesek hanya satu dawai, yakni dawai yang paling dekat kepada pemain; sementara dawai yang satunya lagi dimainkan dengan cara dipetik dengan jari telunjuk tangan kiri. Kemudian, sebagai nama salah satu jenis musik, tarawangsa merupakan sebuah ensambel kecil yang terdiri dari sebuah tarawangsa dan sebuah alat petik tujuh dawai yang menyerupai kecapi, yang disebut Jentreng.



 


18 komentar:

  1. Briptu fenty haryanti
    Polda jabar

    Perkembangan kesenian debus dari waktu ke waktu memang eksistensinya sangatlah baik, yang awalnya bila dilihat dari sejarah kesenian ini merupakan ilmu kebatinan yang digunakan sebagai tameng untuk perang dalam upaya penyebaran agama islam. Namun setelah berkembangnya zaman hingga kini kesenian debus tetap ada dan terus berkembang, tentunya hal tersebut dipengaruhi oleh sebab dan tujuan dari pelaku kesenian debus itu sendiri. Beberapa sebab diantaranya, kesenian debus berkembang karena dalam segi fungsi sudah banyak berubah, dari yang awalnya sebagai tameng perang kini berganti sebagai seni pertunjukan. Hingga dalam bentuk pertunjukannya pun banyak elemen-elemen lainnya yang mendukung menariknya kesenian tersebut. Misalnya terdapat tari-tarian, dibarengi angklung, dog-dog lojor, dsb sehingga membuat pertunjukan ini lebih meriah. Selain itu juga, kebutuhan, harapan, serta keyakinan akan pentingnya kesenian debus dari para pelaku seninya dan habitat dimana kesenian itu berada sangatlah berperan, dalam hal ini mislanya pada acara seren taun desa Cisungsang (tempat lahirnya kesenian Debus). Dalam satu paket pertunjukannya harus lah terdapat kesenian debus. Karena itu sudah menjadi kewajiban dari kepala adatnya harus mempertunjukan kesenian debus yang mana sebagai icon dari daerah Banten.

    BalasHapus
  2. AKP PURWATI POLDA JATIM

    Kesenian kuda lumping di masyarakat jawa sangat terkenal dan sdh tidak asing bagi masyarakat indonesia. Kuda lumping biasanya dipadukan dgn reog yg merupakan budaya khas masyarakat Ponorogo. Kesenian ini biasanya ditampilkan pd saat hajatan, pesta rakyat dan sekarang sering ditampilkan juga untuk penyambutan para tamu. Kesenian kuda lumping biasanya diisi dengan hal-hal mistis / ilmu hitam sehingga para pemainnya menjadi kesurupan yg mampu makan pecahan kaca (beling), tumbuhan seperti layaknya seekor kuda. Kesenian / budaya ini jika tdk dilestarikan nantinya akan terkikis oleh budaya barat yang saat ini sdh banyak digandrungi oleh para kawula muda. Bangsa lain pun sdh banyak belajar budaya bangsa kita oleh karena jika bangsa ini tdk peduli dgn budaya sendiri jgn salahkan jika Kesenia Reog dan kuda lumping kalau di klaim oleh bangsa lain. Siapa yang akan dipersalahkan ?

    BalasHapus
  3. Briptu Nilla Nurbaktini
    (SPN Polda Metro Jaya)

    Budaya menurut kamus bahasa indonesia adalah pikiran, akal budi dan adat-istiadat, sedangkan Kebudayaan sendiri diartikan sebagai segala hal yang berkaitan dengan akal atau pikiran manusia, sehingga dapat menunjuk pada pola pikir, perilaku serta karya fisik sekelompok manusia.

    Kebudayaan sangat berpengaruh terhadap kepribadian seseorang, begitu pula sebaliknya. Di dalam pengembangan kepribadian diperlukan kebudayaan, dan kebudayaan akan terus berkembang melalui kepribadian tersebut. Sebuah masyarakat yang maju, karena ada individu-individu di dalamnya. Tingginya sebuah kebudayaan masyarakat dapat dilihat dari kualitas, karakter dan kemampuan individunya.

    Kebudayaan dan masyarakatnya memiliki kekuatan yang mampu mengontrol, membentuk dan mencetak individu. Manusia di samping makhluk individu juga sekaligus makhluk sosial, maka perkembangan dan perilaku individu bisa dipengaruhi oleh kebudayaan. Atau bisa juga dikatakan, untuk membentuk karakter manusia paling tepat menggunakan pendekatan budaya.

    BalasHapus
  4. AIPTU NURUL HIDAYAH
    POLDA JATIM
    Sejarah budaya reog yang berupa jatilan atau jaran kepang tersebut menggambarkan pasukan berkuda yang bersurikan emas yang merupakan pasukan dari PRABU KLONO SEWANDONO yang merupakan permintaan dari Putri Kediri yang bernama DEWI SONGGOLANGIT yang akan dipinang oleh PRABU KLONO SEWANDONO. persyaratan yang diminta putri tersebut berhasil dilaksanakan oleh PRABU KLONO SEWANDONO karena kesaktiannya yang mempunyai senjata ampuh yang bernama pecut samandiman

    BalasHapus
  5. BRIPDA AMANDA SILFIA
    POLDA METRO JAYA

    mohon ijin menjawab
    tarian tradisional Jawa yang terus berkembang . Tari Kuda lumping Jawa ini menggunakan kuda yang terbuat dari bambu yang di anyam dan dipotong menyerupai bentuk kuda. Anyaman kuda ini dihias dengan cat dan kain beraneka warna. Tari ini sangat menghibur dan meneggangkan sehingga ada peragaan makan beling pada saat atraksi dimulai dan banyak lagi atraksi atraksi yang seru untuk ditampilkan olah kuda lumping tersebut . sebagai banggsa indonesia kita harus bangga dengan budaya budaya yang ada di indonesia .

    BalasHapus
  6. IPDA PURWANTI
    POLDAMETRO JAYA

    mohon ijin menjawab
    perkembanggan kesenian budaya debus di banten sangat eksis dalam menampilkan menampilkan atraksi sangat unik jarang sekali budaya budaya luar seperti banggsa indonesia . kita semua harus bangga denggan budaya budaya indonesia yang banyak kita miliki .

    BalasHapus
  7. KOMPOL IDA NURHAIDA,SH
    POLDA METRO JAYA

    mohon ijin menjawab ,
    Kesenian kuda lumping di masyarakat jawa sanggat berkembang dalam menampilkan acara acara yang berada di jawa , atraksi yang kuda lumping ini harus tetep berkembang di indonesia . sebagai bangsa indonesia kita harus mampu melestarikan budaya budaya seperti ini.

    BalasHapus
  8. IPTU ANNA TANGKE TASIK
    POLDA METRO JAYA

    mohon ijin menjawab
    budaya reok sangat berkembang di bandung , budaya ini sangat menarik masyarakat untuk melihat atraksinya yang unik . budaya ini juga banyak di senanggi oleh masyarakat bandung . reok juga engan diiringi oleh gerak tari yang lucu serta lawak dari para pemain lainnya. Biasanya disampaikan dengan pesan-pesan sosial dan keagamaan

    BalasHapus
  9. Kami bangga mempunyai berbagai macam kesenian budaya. Dimanapun km bertugas masyarakat dengan bangga menampilkan apa yang mereka punya bahkan terkadang mereka tanpa ragu mengkolaborasikan dengan kesenian daerah laen. Betapa indahnya jika kita bisa menyatukan sebuah perbedaan untuk sebuah kebanggaan bangsa di mata dunia. Majulah indonesia ku jayalah selalu. Kompol dennie

    BalasHapus
  10. Ipda Wastini, Polda DIY
    Kuda lumping juga disebut jaran kepang atau jathilan ini menyuguhkan atraksi kesurupan, makan bunga, makan kaca bahkan tidak jarang penonton pun jadi ikut kesurupan dan ikut joget seperti jathilan walaupun sebelumnya belum pernah main jathilan. Pada perkembangannya kuda lumping ini berkolaborasi dengan grup campursari, menjadikan kesenian ini semakin menarik dan diminati. Untuk membuktikannya silahkan datang ke wilayah kulonprogo, pada musim hajatan kesenian ini sangat laris sebagai hiburan dengan tarif 3,5jt sekali pentas. Cukup murah dan meriaah....

    BalasHapus
  11. Bripka RINI MARGA POLDA JAWA TIMUR
    Reog adalah adalah merupakan kesenian yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang terkenal di mancanegara. Karena dalam setiap pertunjukan kesenian treog terdapat bermacam-macam karakter yang unik dari masing masing penari reog tersebut, keunikan ini yang membuat negata Malaysia berusaha mengakui kebudayaan yang dimiliki oleh Indonesi. Kita sebegai generasi penerus sudah semestinya menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan bangsa kita.
    Bukan hanya kesenian reog saja yang perlu kita lestarikan tetapi kesenian yang ada di Indonesia agar tidak di akui oleh bangsa lain.

    BalasHapus
  12. Bripda Nur Fauziah Anwari Puteri
    Mako Korps Brimob

    Mohon izin menyampaikan pendapat Jenderal..

    budaya adalah salah satu aset negara yang berharga dan sangat bernilai bagi negara kita sebagai salah satu identitas dan karakteristik suatu bangsa..
    generasi mudalah yang saat ini berperan dalam hal menjaga dan memelihara budaya titipan leluhur bangsa ini..
    banyak hal di zaman sekarang ini yang pemuda pemudi kita belum ketahui tentang budaya Negara Indonesia tercinta ini..
    banyak pula yang harus dikembangkan wawasan para generasi muda tentang berharganya budaya Indonesia ini..
    namun, saat ini budaya kita sedang bersaing keras dengan budaya barat yang masuk dan banyak mempengaruhi para generasi muda kita, maka dari itu, kita sebagai generasi penyelamat budaya bangsa tak boleh melupakan bahkan mencampakkan budaya asli kita yang selama ini di pertahankan oleh para leluhur kita dngan penuh perjuangan..
    Marilah kita banyak belajar dan berusaha mempertahankan budaya asli Bangsa Indonesia kita, jangan sampai hilang di telan zaman yang lambat laun membuat kita lupa dan melupakan budaya kita..
    tak hanya para pemuda yang berperan, para orang tuapun harus turut berperan dalam pengarahan putra putrinya dalam pelesatrian budaya, karna orang tua dan keluarga merupakan alat utama yang pling efektif dalam pengenalan budaya maupun nilai" asli bangsa kita Indonesia..
    Marilah dari sekarang kita mulai belajar, mengenali dan melestarikan budaya kita sebagai salah satu aset utama yang menunjukkan karakteristik negara kita..
    takkan mudah apabila hanya salah satu orang atau kelompok saja yang bergerak, tapi kita harus lakukan bersama, bersama untuk Indonesia..


    terima kasih atas kesempatannya Jenderal..

    BalasHapus
  13. kuda lumping atau jaranan atau jathilan merupakan tarian tradisional dari jawa yang menggunakan properti berupa kuda tiruan. kuda lumping menggambarkan kisah perjuangan raden patah yang dibantu Sunan Kalijaga untuk melawan Belanda. ada juga yang menyebutkan bahwa kuda lumping mengisahkan latihan perang pasukan Mataram yg dipimpin HB I dan raja mataram utuk menghadapi pasukan belanda.
    Kesenian kuda lumping juga identik dengan mistis, dimana para pemainnya bisa kesurupan karena kemasukan roh sehingga perilaku pemain hingga diluar kendali pawang, misal makan beling, bunga, arang, dll.
    -IPDA SUNARIJATI, POLDA JATIM-

    BalasHapus
  14. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  15. BRIPDA ANNISA TRISYA PUTRI
    POLDA BANTEN


    Debus, suatu kesenian yang mempertunjukan kemampuan manusia yang luar biasa, kebal senjata tajam, kebal api, minum air keras, memasukan benda kedalam kelapa utuh, menggoreng telur di kepala dan lain-lain. Debus lebih dikenal sebagai kesenian asli masyarakat Banten, yang mungkin berkembang sejak abad ke 18. perkembanggan kesenian budaya debus di banten sangat eksis dalam menampilkan menampilkan atraksi sangat unik, kita semua harus bangga denggan budaya indonesia yang banyak kita miliki...

    BalasHapus
  16. Kompol Widyamustikaningrum
    Polda DIY

    Angklung merupakan alat kesenian tradisional yg hrs dilestarikan. Kita hrs bangga memiliki kesenian ini. Suaranya sangat indah bila didengar. Jgn sampai kita kalah dg org asing. Banyak org asing yg sangat menyukai kesenian angklung..bahkan mengoleksinya. Jadi..marilah kita jaga dan lestarikan. Trm ksh...

    BalasHapus
  17. IPTU NINIT TITIS D,SH
    POLDA JATIM

    Budaya merupakan suatu cara hidup yang berkembang dan dimiliki bersama oleh sebuah kelompok orang dan diwariskan dari generasi ke generasi dan merupakan bagian tak terpisahkan dari diri manusia sehingga banyak orang cenderung menganggapnya diwariskan secara genetis
    Reog adalah merupakan kesenian yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia yang terkenal di mancanegara dan merupakan kesenian daerah dari Jawa Timur (Ponorogo). Didalam setiap pertunjukan kesenian reog terdapat bermacam-macam karakter yang unik dari masing masing penari reog tersebut, keunikan ini yang membuat negara lain berusaha mengakui kebudayaan yang dimiliki oleh Bangsa Indonesi. Kita sebagai generasi penerus sudah semestinya menjaga dan melestarikan warisan kebudayaan bangsa kita, karena bukan hanya kesenian reog saja yang perlu kita lestarikan tetapi kesenian kebudayaan lainnya yang dimiliki oleh Bangsa Indonesia perlu pula dijaga dan dilestarikannya agar bisa dinikmati oleh generasi penerus Bangsa maupun oleh anak cucu kita

    BalasHapus
  18. BRIGPOL VITA SEPTIANI
    POLDA BANTEN

    Indonesia yg kaya akan budaya sbg wujud bentuk kesenian kemasyarakatan Indonesia itu sendiri.
    Salah satu'y Debus.

    Debus merupakan kesenian dari Banten.
    Dmn kesenian merupakan salah satu bentuk aktifitas manusia yang tentu'y tidak berdiri sendiri tp lahir karena ada sejarah or filosofi'y.

    Debus yang mnrt bahasa Arab adalah senjata tajam dari besi.
    Dan Debus itu sendiri lebih dikenal dengan sebuah pertunjukan kemamapuan ilmu kekebalan.

    Debus menjadi ciri khas atau warna dari masyarakat Banten dan seiring waktu dan perkembangan jaman sedikit demi sedikit kesenian Debus pudar nilai kemurnian'y.
    Dan masyarakat Banten lbh dikenal dg masyarakat yg mpy nilai "spiritual" or magic yg kental.
    Utk itu kita sbg generasi penerus harus dpt memelihara keaslian Kesenian Debus agar generasi baru tidak menyalah artikan kesenian Debus trsbt mnjd ajang pertunjukan kekuatan dg demi menghasilkan komersil namun wajin mgtahui sejarah dr Debus trsbt yg menjadi icon atau khas Banten.

    BalasHapus